DINAS Komunikasi dan Infomasi (Diskominfo) Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) memperkirakan sekira tahun 2023 nanti semua wilayah di kabupaten bertajuk Ita Wotu Nusa ini sudah dapat dijangkau jaringan telepon seluler dan internet. Perkiraan itu didasarkan pada geliat pembangunan puluhan tower unit telkomsel yang kini sedang dalam tahap pengerjaan.

Plt Kepala Diskominfo, M. Syukur Kilwarany mengatakan, di tahun 2022 ini SBT kembali dijatahi 148 unit tower Base Transceiver Station (BTS) 4G LTE dari program Bakti. Jumlah tower ini tersebar di semua daerah pelosok yang selama ini masuk dalam kategori daerah blank spot.

“Jadi insyaallah jika semua sudah terkoneksi, maka tahun depan tidak ada lagi daerah blank spot di SBT,” ujarnya kepada wartawan di Bula baru-baru ini.

Dari 148 unit tower itu satu diantaranya dibangun di desa Kampung Baru Kecamatan Teluk Waru. Tahapan pembangunannya pun telah diawali dengan peletakan batu pertama pada 15 Agustus 2022 kemarin. Waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan pembangunan tower ini diperkirakan tidak lebih dari dua bulan.

Menurut Kilwarany pembangunan satu unit tower telkomsel di Desa Kampung Baru ini sebagai pilot project dari jumlah 148 unit tower yang dijatahkan. Jatah tower telkomsel ini diterima setelah sebelumnya dilakukan survey pada tahun 2021 lalu.

Baca Juga: Kanwil DJPB Lakukan Audiens dengan Pemda MBD

“Ini merupakan pilot project mengawali keseluruhan pembangunan tower yang akan dilaksanakan pada tahun ini. Direncanakan akhir 2022 sudah diaktifkan tower-tower tersebut,” ungkapnya.

Selain satu unit tower tersebut, 147 unit lainnya juga segera disusul proses pembangunan. Namun demikian tahapan pembangunan akan terlebih dahulu diawali dengan dilakukan Site Acquisition (Sitac) oleh dua perusahaan lain yang datang langsung di lokasi guna meninjau langsung dan melengkapi dokumen syarat yang diperlukan. Diperkirakan sebelum akhir Agustus ini proses pembangu­nannya sudah bisa dimulai. (S-08)