AMBON, Siwalimanews – Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler meminta masyarakat untuk dapat menjadi dokter bagi diri sendiri dan keluarga dalam memerangi penyebaran virus corona.

Dengan keadaan Kota Ambon saat ini, masyarakat harus dapat berperan ganda selain merupakan warga sipil namun juga tetap mengawas diri dengan menjadi dokter bagi diri sendiri.

“Itu yang selalu saya bilang, mari kita menjadi dokter bagi diri sendiri dan juga keluarga kita. Corona ini tidak pandang dia pejabat atau bukan. Makanya kita harus jaga kesehatan kita,” tegas hadler kepada wartawan di Balai Kota Ambon, Jumat (12/3).

Diakui guna menekan jum­lah kenaikan kasus terkonfir­masi dan angka kematian Hadler juga meminta seluruh warga untuk tetap mentaati pro­tokol kesehatan (Prokes).

Kedisplinan masyarakat dalam menerapkan prokes menurutnya, dapat berimpli­kasi pada angka terkonfirmasi di Kota Ambon. Sehingga dengan tegas dirinya meminta setiap warga yang melaksanakan aktivi­tas di luar rumah tetap memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari keru­munan (4M).

Baca Juga: Patah Kemudi, 15 Penumpang KM Selai Kubang Berhasil Dievakuasi 

“Kalau kita selalu jaga protokol kesehatan ketika beraktivitas di luar rumah, maka kemungkinan Covid-19 di Ambon dapat ditekan penularannya,” papar Hadler.

Oleh sebab itu, kata mantan anggota DPRD Maluku  meminta hal utama yang perlu dipupuk adalah kesadaran dari pada warga itu sendiri. Lanjutnya, melalui kesadaran tinggi warga kota yang nantinya akan membawa Kota Ambon keluar dari tingkat penyebaran sedang (zona orange).

Hadler menambahkan salah satu upaya yang terus dilakukan pemerintah saat ini dengan tetap melaksanakan operasi yustisi agar langkah pemberantasan Covid-19 dapat tertangani sampai ke akar rumput.  “Kita lewat tim Satuan Tugas Covid-19 akan terus melakukan operasi yustisi. Lewat operasi tersebut, warga yang terjaring dapat sadar, sehingga ketika keluar rumah bisa menjaga protokol kesehatan,” tandasnya. (S-52)