AMBON, Siwalimanews – I Ketut Sutakariana resmi men­jabat Kepala Stasiun (Kepsta) LPP TVRI Maluku menggantikan Su­darmoko yang dimutasikan ke LPP TVRI Pusat. Sebelumnya Suta­kariana menjabat sebagai Kepsta LPP TVRI Bali.

Serah terima jabatan berlangsung di Kantor LPP TVRI Stasiun Ma­luku, Senin (26/4) sekaligus dilakukan penyerahan dokumen hibah tanah dari Bupati Buru, Ramly Umasugi kepada TVRI Stasiun Maluku.

Sudarmoko dalam pesan dan kesannya mengaku dirinya telah menjabat sebagai Kepsta LPP TVRI Maluku selama sembilan bulan 13 hari namun ada beberapa program seperti program pojok musik, lensa sastra, instal story, jurnalis khalayak yang mana ingin melibatkan pemirsa dengan TVRI Maluku.

“Awalnya ketika saya tiba di Maluku, saya melihat tulisan Ambon of City tapi porsi musiknya minim sekali akhirnya saya berusaha untuk membuat kot kreatif Ambon berbasis musik coba diangkat melalui layar TV dan kami turut berkerja sama dengan AMO dan diharapkan kedepan dapat terus ditingkatkan kerja samanya,” ujarnya.

Kata Sudarmoko, program-program yang dirancangkannya itu bertujuan agar lebih disukai oleh pemirsa terutama untuk kaum millenial.

Baca Juga: Dinas Pemadam Tingkatkan Kualitas Armada

Dijelaskan pula, di TVRI Stasiun Maluku memiliki 13 satuan transmisi, satu STR dengan kondisi 6 stasiun posisinya on atau bagus dan beroperasi secara normal sementara 7 dalam kondisi off seperti di Tepa, Larat, Dobo, Tual, Elat, Sanana, dan Soasiu.

“Dari yang tusak-rusak ini sudah masuk dalam perencanaan siaran digital yang akan berlaku pada November 2022. Mudah-mudahan di Namlea juga sudah menangkap siaran TVRI,” harapnya.

Sementara itu Sutakariana dalam sambutannya mengatakan, melihat karya video kreatif yang ditunjukan oleh tim kreatif TVRI Maluku ini maka diyakini pasti akan eksis hingga ke tingkat nasional.

Kata dia, masalah yang terhadi terkait dengan transmisi bukan saja menjadi persoalan di Maluku tetapi juga menjadi persoalan yang terjadi di seluruh Indonesia, termasuk persoalan SDM dan sebagainya.

“Kendati dengan berbagai persoalan yang kita hadapi namun berkat bersinergi dengan pemerintah daerah, saya yakin kedepan kita akan lebih banyak lagi untuk bersinergi dengan pemerintah namun diharapkan semua manajemennya solid sehingga menjadi kebanggaan bagi kita semua,” pintanya.

Direktur Keuangan LPP TVRI pusat, Tellman Wienfrieds Roring­pandey yang turut hadir dalam ser­tijab dalam sambutannya mengata­kan, walaupun Sudarmoko hanya ber­tugas 9 bulan tetapi prestasinya luar biasa dan karya-karya yang su­dah dikerjakan oleh Sudarmoko da­pat dilanjutkan dan ditingkatkan lagi.

“Saya melihat banyak perkemba­ngan yang terjadi disini sehingga saya berharap kehadiran Sutaka­riana akan berbuat lebih baik lagi karena tangan dinginnya akan membuat berhasil apalagi didukung oleh sinergitas teman-teman disini, karena sekuat apapun pemimpin tanpa didukung dan sinergi dari teman-teman semua maka tidak mungkin akan menghasilkan satu karya yang terbaik,” ujarnya.

Turut hadir dalam sertijab tersebut Kapuslitbang LPP TVRI Pusat Da­niel Pattipawae, Kepsta TVRI Jawa Timur, dan Kepsta TVRI Bali serta para undangan lainnya. (S-16)