AMBON, Siwalimanews – Dalam rangka mensukseskan rencana Universitas Pattimura menjadi tuan rumah kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kebangsaan XII Tahun 2024 yang akan berlangsung 22 Juli hingga 22 Agustus 2024 mendatang, Rektor Universitas Pattimura, Fredy Leiwakabessy temui Penjabat Gubernur Maluku, Sadali dan Penjabat Walikota Ambon, Bodewin M Wattimena.

Rektor mengaku, silaturahmi sekaligus membahas kegiatan dimaksud, disambut baik oleh keduanya.

Selaku pemerintah, penjabat.gubernur dan walikota tentu mendukung dan juga berharap, kegiatannya nanti dapat berjalan dengan baik.

Kata Rektor, arapan besarnya adalah Universitas Pattimura bisa terus menghasilkan kader-kader masa depan bangsa. Dan kampus ini menjadi perguruan tinggi yang semakin unggul.

“Kita, juga berharap dengan dijadikannya Universitas Pattimura sebagai tuan rumah pelaksana KKN Kebangsaan ini, Unpatti akan terus bersaing dan unggul menuju world class university.

Baca Juga: Bodewin Resmi Daftar di Empat Partai

Terkait pelaksanaan KKN Kebangsaan sendiri, Rektor menyebut ada 4 lokasi KKN Kebangsaan, yakni 3 kabupaten dan 1 kota, yaitu Kota Ambon, Kabupaten Seram Bagian Barat, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Buru.

“Dan untuk Kota Ambon sendiri, ada 6 lokasi KKN, itu di Dusun Seri, Negeri Latuhalat, Negeri Nusaniwe, Negeri Rutong, Negeri Leahari dan Negeri Hukurila,”ujarnya.

Dia juga mengaku, bahwa sebelumnya, pada 29 Februari 2024 lalu, telah dilakukan visitasi oleh Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemendikbudristek guna membahas kesiapan Unpatti menjadi tuan rumah.

Diketahui, kegiatan merupakan kegiatan dari perwujudan konsep Tri Dharma Perguruan Tinggi yang memadukan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam satu kegiatan.

Kegiatan ini dibawah naungan Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang diselenggarakan setiap tahun dengan mempercayakan salah satu perguruan tinggi sebagai tuan rumah.

“KKN Kebangsaan menjadi program nasional yang dilaksanakan untuk menumbuh kembangkan rasa cinta tanah air, wawasan dan jiwa kebangsaan serta patriotisme mahasiswa dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” ujarnya

Rektor menambahkan, kegiatan ini juga menjadi wadah komunikasi, pertukaran ide serta membangun jejaring bagi mahasiswa dari seluruh tanah air dalam mempersiapkan dan mematangkan diri sebagai calon-calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang dan siap mengabdikan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk kepentingan bangsa dan negara.(S-25)