AMBON, Siwalimanews – Spesimen dua warga negara asing asal Jepang yang diduga terinfeksi corona dan saat ini sementara dirawat di ruang isolasi di RSUD dr M Haulussy akhirnya berhasil dikirmkan ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan di Jakarta.

Kadis Kesehatan Maluku Meikyal Pontoh menjelaskan, spesimen milik dua WNA jepang ini telah dikirim ke Jakarta dengan menggunakan salah satu maskapai penerbangan pada penerbangan di sore hari tadi, Kamis (19/3).

“Pemprov telah bertemu dengan sejumlah pihak untuk keperluan mengirimkan spesimen ini ke Balai Besar Laboratorium Kesehatan di Jakarta, spesimennya baru dikirim sore hari tadi, dengan salah satu pesawat,” ungkap Pontoh dalam keterangan persnya kepada wartawan di ruang rapat lantai VI Kantor Gubernur Maluku.

Ketua Gugus Tugas Pencegahan dan Penanganan virus corona, Kasrul Selang juga membenarkan bahwa, spesimen ini dua kali mendapat penolakan dari dua maskapai nasional.

“Ketika dapat penolakan, kita langsung carikan solusinya dan akhirnya kita berhasil bawa spesimen itu ke Jakarta dengan penerbangan tadi sore,” ungkap Kasrul.

Baca Juga: Kembali Kendaraan Balap Liar Diamankan Polisi

Ia berharap, penolakan yang dilakukan maskapai penerbagan untuk membawa spesimen milik terduga corona tidak akan terjadi lagi, karena sudah ada kesepakatan bersama dengan pihak-pihak terkait.

“Kita berharap, hasil uji lab spesimen kedua WNA Jepang ini negatif, sehingga tidak ada kekuatiran yang berlebihan,” harapnya. (S-39)