SAUMLAKI, Siwalimanews – Dalam rangka menyongsong HUT Infanteri ke-74 yang jatuh pada 19 Desember, maka prajurit TNI AD di Kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar emlaksanakan bakti sosial.

Bakti sosial yang digelar personel TNI AD ini dilaksanakan dalam bentuk pembersihan pantai dari sampah plastik itu dipimpin oleh Kepala Staf Kodim 1507 Saumlaki, Mayor Inf Bahri di Lapangan Pengeringan Tanimbar Raya dan Dermaga Speed Tanimbar Raya, Sabtu (17/12).

“Kegiatan pembersihan pantai dari sampah sampah plastik yang berada di pesisir pantai pengeringan Tanimbar Raya ini bertujuan untuk memberikan edukasi terhadap masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga lingkungan pantai dari sampah yang tidak dapat didaur oleh alam, sehingga kehidupan ekosistem laut dapat terjaga dengan baik,” ungkap Kasdim kepada Siwalimanews di sela-sela aksi pembersihan pantai tersebut.

Aksi yang dilaksnakan oleh personel Kodim Saumlaki serta prajurit Yonif 734/Sns serta masyarakat Desa Olilit membuktikan bahwa, TNI dan rakyat tidak dapat terpisahkan.

“TNI adalah kita dan TNI lahir dari rakyat serta TNI bersama rakyat akan kuat,” tandas Kasdim.

Baca Juga: Bhayangkari Tanimbar Serahkan Bantuan Kepada Korban Kebakaran

Sementara kegiatan lainnya dari HUT Infantri ke-74 tahun ini akan diawali dengan gerak jalan peleton beranting oleh peleton Infanteri Yonif 734/Sns, yang akan star mulai dari Markas Komando Yonif 734/ Sns munuju lapangan pengeringan pada, Minggu (18/12), kemudian akan dilanjukkan ke esokan harinya, Senin (19/12) dari lapangan pengeringan Tanimbar Raya menuju Mako Yonif 734/Sns.

“Kegiatan yang rutin digelar setiap tahun ini, sebagai gambaran dan mengenang cikal bakalnya terbentuknya TNI AD yang di mulai dari pasukan kecil berjalan kaki yang bergerlya melawan penjajah dimasa penjajahan, yang seiring berjalan di dunia kemiliteran, dimana orang menyebutnya sebagai pasukan infanteri,” ucap Kasdim. (S-26)