AMBON, Siwalimanews – Komisi Kepolisian Nasional Republik Indonesia menyambangi Markas Kepolisian Daerah Maluku di Kota Ambon, Selasa (9/5).

Kedatangan tim Kompolnas  yang dipimpin Komisoner Kompolnas  Irjen (Purn) Pudji Hartanto Iskandar dan beberapa staf ini adalah untuk melaksanakan penelitian sistem pengawasan internal di lingkungan Polri, terutama di Polda Maluku dan jajarannya.

Kedatangan tim ini disambut Wakapolda Maluku Brigjen Stephen M Napiun yang didampingi sejumlah pejabat utama Polda Maluku.

Kapolda Maluku Irjen Lotharia Latif dalam sambutannya yang dibacakan wakapolda mengatakan, kompolnas adalah lembaga kepolisian nasional yang melaksanakan fungsi pengawasan terhadap kinerja Polri.

Fungsi tersebut dilakukan untuk menjamin profesionalisme dan kemandirian Polri melalui kegiatan pemantauan dan penilaian terhadap kinerja dan integrasi anggota maupun pejabat Polri.

Baca Juga: DPRD Dorong Kajian Kebutuhan Guru

“Kita harus mendukung kegiatan ini agar dapat berjalan dengan lancar. Untuk itu saya minta kepada para kasatker untuk dapat memberikan jawaban atas pertanyaan dan data yang diminta tim guna keperluan penelitian,” pinta kapolda.

Kapolda mengaku, pihaknya saat ini tengah berupaya maksimal untuk melakukan pengawasan melekat dan berjenjang. Pengawasan rutin juga terus dilaksanakan oleh Itwasda Maluku. Hal ini untuk memastikan rangkaian kegiatan kepolisian berjalan sesuai prosedur dan mekanisme.

“Selain itu juga agar terhindar dari kelemahan atau pelanggaran yang berdampak negatif terhadap institusi Polri yang kita cintai ini,” jelasnya.

Pada kesempatan itu Wakapolda Maluku juga memaparkan terkait situasi geografis Maluku secara umum dan potensi permasalahan yang dapat mengganggu situasi kamtibmas.

Wakapolda mengaku, saat ini situasi kamtibmas di wilayah Maluku dalam keadaan aman dan terkendali. Meski kemarin permasalahan-permasalahan kecil terjadi, namun semuanya bisa ditangani dengan baik.

Ditempat yang sama Ketua Tim Kompolnas Pudji Hartono Iskandar, mengaku pihaknya akan melakukan penelitian selama tiga hari dengan mengusung tema Antara Fakta dan Harapan di Polda Maluku.

Ia berharap, pelaksanaan penelitian di Polda Maluku dapat berjalan dengan lancar hingga selesai dengan baik pula.

“Kita harus semangat dan tetap percaya diri dalam pengabdian, sebab pengabdian kita tidak akan pernah berakhir, baik pengabdian terhadap keluarga, lingkungan dan dalam melayani masyarakat yang membutuhkan bantuan kita,” ucapnya.

Iskandar berharap, pelayanan Polda Maluku kepada masyarakat sama seperti julukan kota ini yaitu Ambon Manise.

“Rekan-rekan semua kita ini harus menghindari semua bentuk tindakan yang dapat merusak nama baik institusi Polri seperti perilaku KKN dan perilaku menyimpang lainnya. Karena saat ini semuanya sudah transparan dan tidak ada lagi yang bisa ditutup-tutupi,” tandasnya.(S-10)