Siri Sori Amalatu merupakan negeri adat yang terletak di Kecamatan Saparua Timur Kabupaten Maluku Tengah. Tak banyak yang tahu kalau negeri ini menyimpan duka yang dalam akibat ulah tangan-tangan usil yang suka bermain dengan kejahatan.

Beragam tindak pidana kriminal dapat ditemui di negeri ini. Korban pun berjatuhan. Ada penculikan, penganiayaan hingga meninggal dunia sampai penembakan oleh orang tidak dikenal.

Semuanya merupakan tindak pidana berat yang terjadi di perbatasan. Duka kerap menyelimuti negeri tersebut. Belum usai duka lama, muncul duka yang baru. Kriminalitas seakan dibiarkan terjadi bebas di negeri ini. Kepolisian tidak berdaya. Sebab buktinya berulang kali terjadi tindak pidana kejahatan di sana, polisi tidak mampu mengungkap siapa pelaku atau aktor dibalik  aksi-aksi tersebut.

Masyarakat merana, berteriak pun tidak ada yang bisa membantu. Yang ada hanya isak tangis. Sejumlah peristiwa kelam itu hanya menjadi kenangan bagi masyarakat setempat.

Kini, disaat peristiwa penembakan oleh orang tak dikenal kembali terjadi, masyarakat melampiaskan kekecewaan mereka kepada aparat kepolisian. Mereka berteriak minta perlindungan, minta penegakan hukum harus berlaku bagi siapa pun yang diduga aktor dibalik penembakan tersebut.

Baca Juga: Nyanyian DPRD Interpelasi Walikota

Polisi tidak boleh menganggap peristiwa ini sebagai sesuatu yang biasa. Setidaknya polisi harus berusaha untuk menangkap pelaku. Saparua pulau yang tidak sebesar pulau di Jawa.

Ketidakmampuan polisi ungkap pelaku penembakan terhadap warga Siri Sori Yakub Tutuhatunewa, akan menjadi preseden buruk bagi penegakan hukum di negeri ini. Polisi harus serius memperlihatkan tangunggung jawabnya untuk menjaga stabilitas keamanan di tengah-tengah masyarakat dan bukan membiarkan keamanan diobok-obok oleh pelaku kejahatan.

Selama ini, Negeri Siri Sori Amalatu kerap terjadi tindak pidana penganiayaan, pembunuhan hingga penembakan misterius, tapi tidak satu pun diungkap polisi. Kapolresta Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Kombes Leo Surya Simatupang bergerak cepat. Perwira dengan tiga melati di pundaknya itu membentuk tim guna menyelidiki kasus ini.

Tim terdiri dari personil reserse, Brimob dan intelijen. Semua ini dipersiapkan untuk memback up Polsek Saparua. Jumlah yang tidak sedikit untuk mengungkap pelaku penembakan terhadap almarhum Yacub Tutuhatunewa.

Tentunya masyarakat menaruh harapan di pundak kepolisian. Saat ini masyarakat diperhadapkan dengan kondisi traumatis. Polisi seharusnya peka, karena korban yang kerap berjatuhan di pihak Siri Sori Amalatu tidak ada proses hukum bagi pelaku.

Warga Siri Sori sampai saat ini mengalami traumatis yang paling dalam. Beragam peristiwa mencekam terus terjadi di negeri ini. Olehnya mereka berharap peristiwa yang menimpa Yacub Tutuhatunewa segera terungkap. Pelaku penembakan misterius itu harus ditangkap untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

Penembak misterius itu harus ditangkap entah hidup atau mati. Intinya, warga Siri Sori berharap kali ini pelaku penembakan itu tidak lolos lagi. Polisi sudah harus menangkapnya untuk diproses secara hukum. Semoga! (**)