AMBON, Siwalimanews – Pemerintah Kota Ambon mengambil langkah konkrit dalam menangani berbagai bencana yang terjadi. Salah satunya ialah melantik Forum Kelompok Masyarakat Siaga Bencana (FKMSB), di aula Vlisingen Balai Kota, Rabu (2/11).

Penjabat Walikota Ambon Bodewin M Wattimena saat melantik FKMSB menjelaskan, pelantikan FKMSB tersebut sejalan dengan komitmen pemkot kepada masyarakat dalam hal penangan bencana, baik dalam mengantisipasi maupun penanganan pasca terjadinya bencana alam.

“Sampai saat ini, terhitung sudah ada 21 FKMSB yang dibentuk secara independen di desa dan kelurahan di Kota Ambon. Untuk itu, FKMSB yang dilantik ini kiranya dapat menjadi kordinator bagi FKMSB yang ada di desa dan kelurahan,” ujar walikota.

Walikota mengaku, dari berbagai survey yang dilakukan, Kota Ambon masuk dalam kategori dengan daerah resiko rawan bencana yang tinggi. Hal ini geografis kota Ambon yang secara ilmiah dapat terjadi resiko bencana.

“Untuk itu, dalam hal penanganan bencana di Kota Ambon, maka FKMSB diharapkan dapat memiliki peran penting ditengah masyarakat serta menjadi mitra pemerintah untuk bersama-sama melakukan langkah antisipatif maupun langkah penanganan pasca bencana,” harapnya.

Baca Juga: Jafri: Anggota Saniri Negeri Harus Miliki Kompeten

Walikota juga memberikan apresiasi kepada kementrian dalam negeri, yang mana telah membantu Pemkot Ambon dalam penanganan berbagai bencana yang terjadi.(Mg-3)