AMBON, Siwalimanews – Hampir sepakan stok di Maluku kosong, kini vaksin Covid-19 kembali tersedia untuk 1 hingga 2 minggu ke depan.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Ambon Wendy Pelupessy kepada wartawan di Santika Hotel, Rabu (12/10) membenarkan, kalau sepekan kemarin stok vaksin covid sempat kosong.

“Kondisi kekosongan itu kini mulai tertangani, pasca Kementerian Kesehatan mulai mendistribusikan stok vaksin, sejak Selasa (11/10) kemarin. Sekarang, stok yang tersedia ini untuk 1 sampai 2 minggu kedepan. Jadi masyarakat yang mau vaksin, langsung ke Lapangan Merdeka Ambon,” ujar Pelupessy.

Ia berharap, buffer stock vaksin yang ada saat ini pada Dinkes Provinsi tetap tersedia, sehingga pihaknya tidak mengalami kendala, saat terjadi peningkatan jumlah masyarakat yang akan divaksinasi dalam sehari.

“Kebutuhan vaksinasi terjadi peningkatan. Kemarin saja 349 orang yang datang, dan itu dalam satu hari. Sebelumnya, tidak sampai angka itu. Tapi itu juga mungkin karena beberapa hari vaksin habis, sehingga akumulasinya, jadi banyak yang datang,” ujarnya.

Baca Juga: BNPP Gelar Rakor Fasilitasi Pengelolaan Infrastruktur Fisik

Sementara terkait jumlah warga kota maupun luar Kota Ambon yang terdata telah melakukan vaksinsasi di Dinkes Ambon rinci Pelupessy, untuk dosis I sudah sebanyak 312.971 orang atau 102,29%, untuk dosis kedua sebesar 69,91 persen atau 213.921 orang dan dosis ketiga atau booster sebesar 25,70 persen atau 70.462 orang. Sedangkan untuk dosis keempat bagi tenaga kesehatan sudah terdata sebanyak 359 orang.

“Memang masih banyak nakes yang belum jalani vaksinasi dosis empat atau booster kedua dan kita himbau terus, agar mereka lakukan booster tahap kedua,” ujarnya. (S-25)