AMBON, Siwalimanews – Tim seleksi Sekretaris Daerah Maluku telah menuntaskan seluruh rangkaian seleksi dan siap menyerahkan ha­silnya ke Kementerian Dalam Negeri di Jakarta.

Demikian diungkapkan, Ketua tim seleksi Sekda Ma­luku, Marthinus Sap­teno kepada Siwalima melalui pesan what­sapp, Selasa (23/8) usai melakukan seleksi wa­wancara terhadap ca­lon sekda.

“Sudah selesai se­mua tahapan seleksi dan siap dibawah ke Jakarta, rencana­nya besok, Rabu (24/8),” ujar Sapteno.

Sapteno mengatakan, sele­sai makalah dan wawancara merupakan tahapan terakhir yang diikuti langsung tiga calon sekda Maluku, masing-masing Sadli Ie yang saat ini menjabat penjabat Sekda Maluku, Kepala BKD Maluku, Jasmono dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM), Hadi Sulaiman.

Tak hanya itu, lanjut Sapteno, untuk tahapan wawancara dihadiri langsung Sekretaris Jenderal Kementerian Dalam Negeri, H. Suhajar Diantoro guna menilai secara langsung kemampuan setiap calon sekda.

Baca Juga: Momentum HVT Harus Jadi Semangat Membangun

Sapteno memastikan, seluruh tahapan seleksi yang dilakukan tim seleksi telah sesuai dengan aturan perundang-undangan yang berlaku dan hasilnya dapat dipertanggung jawabkan dihadap hukum.

“Timsel sudah transparan dalam seleksi maka hasilnya dapat kita pertangungjawaban dimana pun,” ujar Rekor Universitas Pattimura ini.

Sesuai dengan aturan,  maka hasil seleksi akan ditindaklanjuti ke Jakarta untuk mendapatkan penilai­an dan keputusan, yang nantinya dituangkan dalam Surat Keputusan pengangkatan Sekda Definitif.

Sebab, tambahnya, tim seleksi hanya bertugas melakukan seleksi, sedangkan penentuan sekda definitif merupakan kewenangan Kementerian Dalam Negeri maka timsel menyerahkan semuanya kepadanya Pemerintah Pusat.(S-20)