PENJABAT Sekda Seram Bagian Timur, Jafar Kwairumaratu melantik sembilan Penjabat Kepala Pemerintahan Negeri (KPN), di Gedung Aula Pendopo Bupati, Jumat (1/4).

Sembilan Penjabat KPN itu yakni Kotasiri dan Rarat Kecamatan Gorom Timur, Negeri Tamher Warat di Kecamatan Wakate dan Negeri Batuasa di Kecamatan Werinama, Negeri Air Nanag di Kecamatan Siritaun  Wida Timur, Sagei dan Miran Kelian di Kecamatan Gorom Timur, Aroa di Kecamatan Pulau Gorom dan Kilga Kilwou di Kecamatan Kian Darat.

Dalam arahannya usai pelantikan, Kwairumaratu berpesan para penjabat yang baru dilantik agar bergegas turun ke desa bersilaturahmi dengan warga di desa masing-masing, mengkonsolidasi tugas-tugas penyelenggaraan pemerintahan bersama BPN atau BPNA.
Salah satu yang paling penting yakni mendorong proses pencarian anggaran desa agar segera sampai diterima manfaatnya oleh masyarakat di desa.

“Saya pesankan agar kiranya bapa ibu sekalian bisa bekerja maksimal, bekerja dengan tulus dan ikhlas. Harus senantiasa berkoordinasi dan melibatkan BPN atau BPNA,” pintanya.

Pengangkatan penjabat atau karateker kepala desa ini dilakukan untuk menopang sementara penyelenggaraan roda pemerintahan sembari menunggu proses pengangkatan kepala desa atau Raja negeri definitif. Sepanjang kekosongan ini Dana Desa negeri Rarat, Kotasiri dan Tamher Warat tertunda proses pencairan mulai tahun 2020 lalu.

Baca Juga: Warga Kecamatan Pulau Panjang Mulai Nikmati Listrik

“Dana Desa itu kini masih tetap mengendap di rekening kas desa masing-masing. Dengan telah dilantiknya para penjabat kepala desa ini diharapkan dapat mendorong lekas dilakukannya proses pencarian sehingga dengan begitu anggaran tersebut dapat segera sampai dan diterima manfaatnya oleh warga masyarakat di desa,” jelasnya. (*)