NAMROLE, Siwalimanews – Sekda Buru Selatan (Bursel) Iskandar Walla meminta agar ma­syarakat Bursel selalu giat bero­lahraga.“Tema Ayo Olahraga, Dimana saja, Kapan saja mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja, dan menjadi terpenting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia saja. Dan pembangunan didalam olahraga tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani berarti kita telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental, serta SDM Unggul Indonesia Maju,” ungkap Sekda, dalam sambutannya selaku Inspektur Upacara pada Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-36 Tahun 2019, yang berlangsung di alun-alun Kota Namrole, Senin (9/9).

Upacara dengan tema ‘Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja’ menurut Sekda, harus dimaknai sebagai bagian terpenting dalam menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh setiap insan di bumi Lolik Lalen Fedak Fena.

“Tingkatkan semangat mengajak semua lapisan masyarakat untuk melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur baik pelajar, masyarakat, pekerja/ karyawan, dan semuanya, bahkan warga binaan yang ada di Lembaga Permasyarakatan karena olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup,” katanya.

Dijelaskan, permasalahan terbesar saat ini yakni derajat kebugaran masyarakat Indonesia yang masih rendah, maka dengan Gerakan Ayo Olahraga diharapkan akan menjawab permasalahan tersebut.

“Dengan kesegaran jasmani yang bagus, dengan kesehatan yang bagus, terutama adik-adik pelajar kita, maka akan memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas nasional dan dunia dimasa selanjutnya,” ujarnya.

Baca Juga: Bangun Pelabuhan Ekspor, Pemprov akan Reklamasi Pantai

Usai upacara, dilanjutkan dengan pemberian penghargaan bagi motivator dan penggiat olahraga yang telah sukses mengembangakan olahraga di Bursel.

Pemberian ini langsung diberikan oleh Sekda Bursel didampingi Ketua PKK Kabupaten Bursel, Safitri Malik.

Disela-sela pemberian penghargaan, Sekda berharap semua stakeholder yang ada di Kabupaten Bursel dapat bahu membahu untuk mengembangkan dan meningkatkan olahraga yang ada di Kabupaten Bursel.

Selanjutnya, acara ini ditutup dengan atraksi tarian Cefal (Cakalele), tarian tujuh putri (Noropito) dari siswa SMP Negeri 3 Namrole, dan atraksi atlit taekwondo Kabupaten Bursel. (S-35)