PIRU, Siwalimanews – Kepala Dinas Pendidikan Kabu­paten Seram Bagian Barat (SBB), M. Sangadji berharap agar bimbingan teknis (Bimtek) Tim Penjamin Mutu Pendidikan Daerah (TPMPD) dapat mendorong peningkatan pendidikan di bumi Saka Mese Nusa.

Hal ini diungkapkan Sangaji dalam sambutannya sekaligus membuka dengan resmi kegiatan Bimtek yang dise­lenggarakan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Provinsi Maluku, yang berlangsung di SMPN 1 Seram Barat, Senin (9/9).

Ia mengatakan, TPMPD nantinya akan memfasilitasi instansi yang relevan dalam perencanaan peningkatan mutu pendidikan didaerah, dan mendampingi serta membina satuan pendidikan dalam penjaminan mutu di satuan pendidikan di Kabupaten SBB.

“Bimtek Teknis TPMPD sangat penting untuk meningkatkan mutu pendidikan kita. Olehnya, perlu ada tim penjaminan mutu pendidikan daerah, agar nantinya  memfasilitasi semua instansi dalam mendorong peningkatan mutu pendidikan” ungkap Sangadji.

Dikatakan, TPMPD, pengawas dan operator mempunyai peranan yang penting dalam pengumpulan data capaian mutu pendidikan di satuan pendidikan. Kegiatan ini secara umum bertujuan untuk menyiapkan petugas koordinator pengumpul data mutu pendidikan untuk memandu satuan pendidikan dalam melaksanakan pengum­pulan data mutu pendidikan.

Baca Juga: Bangun Pelabuhan Ekspor, Pemprov akan Reklamasi Pantai

“Secara khusus Bimtek ini, bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai prosedur pengumpulan data, menjelaskan instrumen pengumpulan data mutu pendidikan kepada satuan pen­di­dikan, berinteraksi dengan responden pengumpul data mutu pendidikan, melakukan verifikasi dan validasi data mutu pendidikan, memandu proses pengisian data ke dalam aplikasi pengumpulan data, memahami raport mutu pendidikan dan pemanfaatannya,” jelasnya.

Ditempat yang sama Kepala Seksi Fasilitasi Peningkatan Mutu Pindidikan LPMP  Provinsi Maluku, La Mansur menjelas­kan, pemerintah kabupaten berkewe­nangan untuk men­dorong peningkatan mutu pendidikan.

“Dalam supervisi, fasilitasi dan evaluasi penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan merupakan hal yang rinci. Salah satunya bahwa,  keseluruhan komponen pendidikan saling terkait secara terpadu melaksanakan kegiatan yang menjamin mutu pendidikan, serta meningkatkan pendidikan secara berkesinam­bungan,” katanya. (S-48)