AMBON, Siwalimanews – Sejumlah anggota saniri dari sembilan negeri segera dilantik oleh Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena.

Pelantikan ini perlu dilakukan guna mendorong proses penetapan raja definitif di sembilan negeri yang masih dipimpin penjabat sementara.

“Pelantikan Saniri Negeri oleh Penjabat Walikota Ambon nantinya, sebagai pintu masuk untuk proses penetapan raja definitif,” kata Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Jafri Taihuttu kepada Siwalima di Baileo Rakyat Belakang Soya, Selasa (21/6).

Ia juga membenarkan rencana pelantikan saniri negeri urimessing akan digelar dalam pekan ini.

“Jumat (24/6) nanti, Saniri Uri­messing akan dilantik. Itu sesuai hasil koordinasi antara komisi dengan bagian pemerintahan Kota Ambon. Selain Urimessing, akan dilakukan pelantikan pergantian antar waktu saniri negeri Negeri Batu Merah, Passo dan Laha,” jelas Taihuttu.

Baca Juga: Sejumlah Program Bakal Dikerjakan Rumah Generasi

Menurutnya, hingga kini, masih ada beberapa negeri yang belum memiliki raja definitif, seperti Naku, itu sudah puluhan tahun.

“Hative Besar dan Urimessing juga masih dipimpin penjabat se­mentara, karena itu, kami berharap dan dorong terus Pemkot Ambon agar selesai proses pelantikan sa­niri ini, selanjutnya proses pene­tapan raja definitif,” tandasnya.

Apalagi, tambahnya, ada waktu yang ditargetkan untuk semua hal menyangkut raja ini, tuntas sebe­lum memasuki tahun 2023. (Mg-1)