PIRU, Siwalimanews – Masyarakat Kabupaten Seram Bagian Barat khususnya para petani maupun nelayan, bahkan peternak, kini merasa legah, hasil panen mereka dapat dijual ke Pulau Jawa dengan mudah.

Pasalnya, dengan adanya tol laut ini, semua komoditi hasil laut dan hasil Bumi seperti ikan, cengkih, pala, kopra dan hasil bumi lainnya, atau logistik sudah bisa diangkut melalui Pelabuhan Hatu Kota Piru, Kecamatan Seram Barat.

“Adanya tol laut ini dapat meringankan masyarakat SBB, khususnya para pedagang maupun pengusaha untuk melakukan pengiriman barang dari Piru-Tanjung Perak atau Tanjung Perak-Piru,” ungkap Bupati SBB Timotius Akerina kepada Siwalimanews, usai pencaangan tol laut yang berlangsung di Pelabuhan Hatu, Senin (24/1).

Kabupaten ini diusianya yang ke-18 kata Bupati, akan terus bangkit dan maju, dalam uapaya membawa kesejahteraan kepada masyarakat, salah satunya dengan adanya tol laut ini.

Ini juga merupakan salah satu bentuk pelayanan publik kepada masyarakat, yakni terpenuhinya semua kebutuhan pokok, terutama untuk angkutan barang dari daerah tertinggl, terpenci, terluar dan perbatasan di SBB. Hal ini mengacu pada Peraturan Presiden Nomor 27 tahun 2021 dan Permendag Nomor 53 tahun 2020 serta Keputusan Dirjen Perhubungan Laut No.998/DJPL/2021.

Baca Juga: Warga Naku Adukan Pjs KPN ke DPRD

“Adanya tol laut di SBB ini, sinergitas dan kerja sama dengan seluruh stakeholder, baik pemda, kementerian/lembaga serta operator, dapat implementasi program tol laut untuk mencapai hasil dan mannfaat yang besar bagi masyarakat Indonesia, khususnya di SBB,” ujar Bupati.

Menurutnya, tol laut dapat meningkatkan kelancaran arus distribusi barang, terutama kebutuhan pokok dan barang penting lainnya antar wilayah, demi menjaga stabilitas harga, mingkatkan perdagangan antar pulau, menjaga integritas pasar dalam negeri, juga meningkatkan perekonomian daerah serta memudahkan pelaku usaha dalam melakukan perputaran bisnis.

Untuk itu, pelaksanaan tol laut yang memiliki rute Tanjuk Perak Surabaya langsung ke Piru dan rute lainnya melalui beberapa daerah di Maluku Utara, tentunya akan memberikan dampak positif kepada pelaku usaha, dan harga kebutuhan pokok masyarakat dapat terjangkau.

Disamping itu, tujuan dari pelaksanaan tol laut ini, selain juga untuk memudahkan masyarakat dalam pengiriman barang langsung ke wilayah SBB, juga akan membantu para pedagang pengumpul hasil bumi dalam memasarkan komoditas unggulan daerah langsung ke daerah lain.

“Mari kita bersama-sama dukung program pemerintah ini, agar dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Untuk itu saya berharap, para pelaku usaha di daerah ini, dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” harap Bupati. (S-48)