AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku dapil Kota Ambon Rovik Akbar Afifuddin mengecam keras, peristiwa tumpahan BBM yang berulang kali terjadi di perairan Hative Besar.

“Kalau memang benar, tumpahan minyak ini sering terjadi, maka kita mengecam keras peristiwa ini, karena sangat merugikan masyarakat setempat,” tanda Afifuddin kepada Siwalimanews, Senin (24/1) merespon keresehan masyarakat Hative Besar yang merasa tergganggu dengan tumpahan BBM yang sengaja dilakukan Pertamina.

Menurutnya, peristiwa seperti ini, sebenarnya tidak boleh terjadi, karena akan merugikan masyarakat maupun lingkungan serta biota laut, apalagi daerah pesisir pantai Hative Besar, merupakan daerah mangrove yang mestinya dilindungi.

Jika kejadian ini sering terjadi, maka ini harus dipertanyakan, sejauh mana pengawasan Dinas Lingkungan Hidup Maluku terhadap permasalahan seperti ini, sebab pihak dinas semestinya mengawasi setiap aktivitas yang bersentuhan langsung dengan lingkungan.

“Kan ada pengawasan dinas mestinya itu diawasi oleh dinas, dan tidak boleh membiarkannya, karena akan berdampak langsung bagi masyarakat,” tandasnya.

Baca Juga: Far Far: Pemkot Belum Beritahu DPRD

Dinas Lingkungan Hidup kata Afifuddin, seharusnya memanggil pihak Pertamina dan meminta klarifikasi terhadap kejadian ini, artinya dinas tidak boleh tinggal diam dengan persolaan ini.

Afifuddin meminta Komisi II DPRD Maluku untuk segera memanggil pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Pertamina untuk meminta penjelasan terkait dengan persoalan tersebut. (S-50)