DOBO, Siwalimanews – Kapal asing berbendera Korea Selatan, berhasil lolos dari pengamanan tim Gugus Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Kepulauan Aru. Kapal itu kini  sementara menuju salah satu perusahaan perikanan di Pulau Wasir Kecamatan Pulau-pulau Aru.

Juru Bicara Gustu Aru, Fredik Hendrik yang dikonfirma­si melalui telepon selulernya Jumat (3/7), membenarkan hal tersebut. Menurut Hendrik, kapal asing yang masuk di Pulau Wasir itu sejak, Selasa (2/7) lalu.

“Kita terima informasi itu langsung dilaporkan dan Ketua Gustu dan diperintahkan tim turun periksa kapal terkait dengan dokumen termasuk dokumen kesehatan sesuai protokol yang diterapkan,” ungkapnya.

Dikatakan, saat ini kapal tersebut dilarang berlabuh di pelabuhan milik perusahaan perikanan disana, sebelum dilakukan pemeriksaan keleng­kapan dokumen kapal maupun dokumen kesehatan dari ABK.

“Setelah dilakukan peme­riksaan seluruh dokumennya lengkap, dan kemarin (Kamis red), kapal sudah berangkat tinggalkan Dobo,” tuturnya.

Baca Juga: BMKG Keluarkan Peringatan Dini Gelombang Tinggi

Sementara terkait dengan lima kapal asal Probolinggo yang beberapa waktu lalu juga masuk dan berlabuh di perairan Pulau Wamar tepatnya di seputaran Pelabuhan Perikanan Dobo, Hendrik menjelaskan pihaknya belum menerima laporan dokumen terkait dengan penetapan protokol kesehatan.

Pasalnya, kapal-kapal tersebut menurut informasi sudah diperiksa oleh tim patroli laut Lanal Aru, namun sampai hari ini gustu belum menerima laporan hasil pemeriksaan tersebut dari pihak Lanal Aru. “Kita juga belum mengetahui dengan pasti, apa­-kah seluruh ABK kapal tersebut miliki surat rapid test dari daerah asal atau belum,” jelasnya.

Sementara itu, Pasie Intel Lanal Aru, Kapten Edy yang di konfirmasi melalui pesan WhastAppnya, Jumat (3/7) hanya menanyakan, nama kapal dan minta waktu untuk jalankan Sholat Jumat. (S-25)