AMBON, Siwalimnews – Pangdam XVI Pattimura Mayjen Syafrial, melepas Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1 Ajusta Yudha Kostrad yang 12 bulan bertugas di Maluku dan Maluku Utara.

Pelepasan satgas dilakukan dalam upacara yang berlangsung di Dermaga Guspurla Koarmada III Tawiri, Senin (25/9).

12 bulan bertugas, Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1 Ajusta Yudha Kostrad punya torehan gemilang. Sebagaimana tugasnya sebagai garda terdepan keamanan NKRI terkhusus di wilayah Maluku dan Maluku utara, satgas yang dipimpin Letkol Arm Arief Budiman ini berhasil mengamankan 133 pucuk senjata yang terdiri dari 4 pucuk senjata standar yaitu, 2 pucuk laras panjang dan 2 pucuk laras pendek, serta 129 senjata rakitan yang terdiri dari 91 pucuk laras panjang dan 38 pucuk laras pendek.

Bukan hanya itu, satgs juga mendapatkan 593 butir amunisi campuran terdiri dari, 213 butir kaliber 5.56 mm, 186 butir kaliber 7.62 mm, 7 butir kalibar 9 mm, 1 butir kaliber 12.7 mm, 166 butir kaliber 38 special dan 20 butir kaliber 45 auto.

Selain itu mereka juga berhasil mengamankan, 7 bahan peledak antara lain, 2 mortir kaliber 60 mm, 4 bom rakitan dan 1 granat serta 2 magasen dan 1 munisi gas air mata.

Baca Juga: RSUD Bula Raih Nilai Tertinggi Kedua Penilaian Layanan JKN

Pangdam dalam sambutannya, menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih berkenaan selesainya masa penugasan dengan baik, berhasil dan tuntas.

“Saya selaku Pangkoops Pamrahwan Maluku dan Maluku Utara, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap prajurit Satgas dari Yonarmed 1 Ajusta Yudha Kostrad yang telah melaksanakan tugas dengan baik, berhasil dan tuntas melalui kegiatan pembinaan teritorial dan komunikasi sosial yang baik pula dapat berhasil merebut hati masyarakat, sehingga dengan kesadaran menyerahkan senjata api dan handak,” ujar Pangdam.

Sebelum meninggalkan wilayah penugasan, Pangdan minta adakan inventarisasi personel, materiil maupun alat perlengkapan yang dipertanggung jawabkan, baik kepada satuan maupun kepada prajurit secara perorangan, guna menghindari terjadinya permasalahan di kemudian hari.

Komandan Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed Letkol Arm Arief Budiman pada kesempatan itu menyampaikan terima kasih kepada pemda, TNI dan Polri serta stakeholder lainnya bahkan segenap masyarakat Maluku atas kerjasama dan dukungannya kepada Satgas Pamrahwan Maluku dari Yon Armed 1 Ajusta Yudha Kostrad, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya.(S-10)