AMBON, Siwalimanews – Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial melepas Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1/Ajusta Yudha/2/2 Kostrad yang 12 bulan bertugas di Maluku dan Maluku Utara.

Pelepasan satgas dilakukan dalam upacara yang berlangsung di Dermaga Guspurla Koarmada III Tawiri, Senin (25/9).

12 bertugas Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1/Ajusta Yudha/2/2 Kostrad punya torehan gemilang.

Sebagaimana tugasnya sebagai garda terdepan keamanan NKRI terkhusus di wilayah Maluku dan Maluku utara, Satgas yang dipimpin Letkol Arm Arief Budiman ini berhasil mengamankan sebanyak 133 pucuk senjata yang terdiri dari 4 pucuk senjata standar yaitu, 2 pucuk laras panjang dan 2 pucuk laras pendek, serta 129 senjata rakitan terdiri dari 91 pucuk laras panjang dan 38 pucuk laras pendek.

Selain itu, mendapatkan 593 butir amunisi campuran terdiri dari, 213 butir kal. 5.56 mm, 186 butir kal. 7.62 mm, 7 butir kal. 9 mm, 1 butir kal. 12.7 mm, 166 butir kal. 38 special dan 20 butir kal. 45 auto.

Baca Juga: Dewan Kritik Dinsos soal ODGJ Dipasung

Adapun 7 buah bahan peledak antara lain, 2 buah mortir kal. 60 mm, 4 buah bom rakitan dan 1 buah granat serta 2 buah magasen dan 1 buah munisi gas air mata.

Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Syafrial dalam sambutannya, menyampaikan rasa syukur dan ucapan terima kasih berkenaan selesainya masa penugasan dengan baik, berhasil dan tuntas.

“Saya selaku Pangkoops Pamrahwan Maluku dan Maluku Utara, mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada segenap prajurit Satgas dari Yonarmed 1/Ajusta Yudha/2/2 Kostrad yang telah melaksanakan tugas dengan baik, berhasil dan tuntas melalui kegiatan pembinaan teritorial dan komunikasi sosial yang baik pula dapat berhasil merebut hati masyarakat, sehingga dengan kesadaran menyerahkan senjata api dan muhandak,”ujar Pangdam.

Sebelum meninggalkan wilayah penugasan, Pangdam minta adakan inventarisasi personil, materiil maupun alat perlengkapan yang dipertanggung jawabkan, baik kepada satuan maupun kepada prajurit secara perorangan, guna menghindari terjadinya permasalahan di kemudian hari.

Dalam  kesempatan yang sama, Dansatgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1/AY/2/2 Kostrad, Letkol Arm Arief Budiman, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Daerah, TNI/Polri dan stakeholder lainnya, serta segenap masyarakat Maluku atas kerjasama dan dukungannya kepada Satgas Pamrahwan Maluku Yonarmed 1/Ajusta Yudha/2/2 Kostrad, sehingga dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya. (S-10)