AMBON, Siwalimanews – Maraknya kekerasan seksual dengan target anak dibawah umur, membuat Polisi Wanita Polda Maluku ikut prihatin dan menggagas kegiatan edukasi tentang pencegahan kekerasan seksual terhadap anak dibawah umur, dengan menyasar para siswa dan siswi di sejumlah sekolah di Kota Ambon, Selasa (15/11) kemarin.

Dengan mengusung tema Polwan Manise Mangente Anak Sekolah, kegiatan tersebut digelar di SMP Negeri 14, MTs Negeri Batu Merah, SDN 47, SDN 25, TK Kalam Kudus dan TK Bhayangkari Tantui.

Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Roem Ohoirat menjelaskan, edukasi pencegahan kekerasan seksual pada perempuan dan anak penting dilakukan, mengingat kasus tersebut belakangan ini semakin meningkat.

“Pelecehan seksual sering menimpa perempuan dan anak sebagai korban utama. Edukasi kekerasan seksual juga dilakukan untuk memperingati Hari Anti Kekerasan terhadap perempuan,” ucap Ohoirat, kepada wartawan di Mapolda Maluku, Rabu (16/11).

Kegiatan yang dilaksanakan ini menurut Ohoirat, mendapat respon positif dari para siswa maupun guru. Hal itu terlihat dari partisipasi yang tinggi untuk mengikuti kegiatan dimaksud. Untuk itu, lewat kegiatan ini juga diharapkan, para siswa dapat menghindari gelagat yang menjurus ke arah kekerasan seksual, sebelum tindakan kriminal itu terjadi.

Baca Juga: Prajurit Korem Binaiya Tingkatkan kemampuan Menembak

“Tujuan kegiatan ini kita berikan agar para siswa dan siswi dapat menghindar sebisa mungkin, sehingga tindakan kekerasan seksual tidak terjadi menimpa mereka,” pungkasnya.(S-10)