PIRU, Siwalimanews – Penjabat Bupati Seram Bagian Barat Andi Chandra As’aduddin melepas Kontingen SBB ubntuk mengikuti event Pekan Olahraga Provinsi Maluku IV yang akan berlangsung di Kota Ambon 17-027 November.

Bupati mengaku, Popmal adalah tempatnya kompetisi para atlet lokal untuk menepaki jenjang yang lebih tinggi menuju atlet nasional hingga internasional. Untuk itu, melalui Popmal tahun ini nama baik Saka Mese Nusa harus digelorakan dan diharumkan oleh para atlet lewat perolehan medali dan prestasi.

“Popmal bukan saja ajang 4 tahunan tingkat Provinsi Maluku, namun Popmal juga ajang seleksi atlet Maluku, terlebih khususnya SBB menuju PON 2024 yang akan dilaksanakan di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara,” tandas bupati saat melepas Kontingen SBB di  Lantai III Knator Bupati, Rabu (16/11).

Bupati mengaku, pemkab sungguh menyadari keterbatasan dana dan sarana prasarana olahraga sehingga, grand desain olahraga di SBB belum bisa dilaksanakan secara maksimal, sebab pembinaan olahraga selama ini masih sangat tergantung dari pembinaan cabor, KONI dan kompetisi turnamen lokal oleh masyarakat.

Untuk itu, dengan ajang ini, pemkab memberikan apresiasi dan penghargaan yang tulus kepada stakeholder olahraga di SBB yang telah berpartisipasi memajukan olahraga di Bumi Saka Mese Nusa meskipun dengan berbagai keterbatasan.

Baca Juga: Marasabessy Janji Bonus Bagi Atlet Popmal Malteng

Kedepannya, pemda akan mendorong agar stakeholder olahraga prestasi dalam hal ini KONI dan cabor bisa memanfaatkan pihak ketiga sehingga olahraga prestasi bisa tumbuh dengan sehat dan kompetitif, serta bisa mengatasi keterbatasan pendanaan olahraga di SBB.

“Dengan Popmal ini juga dapat melahirkan para atlet SBB yang handal dan berprestasi serta bisa mengikuti event yang lebih besar dan dapat mengharumkan nama SBB,” harapnya.

Untuk diketahui, Kontingen SBB pada event Popmal IV di Kota Ambon tahun ini menurunkan 150 atlet yang akan turun pada 11 cabang olahraga yang dipertandingkan yakni, Karate (16 atlet), Tinju (11 atlet), Pencak Silat (23 atlet), Taekwondo (8 atlet), Kempo (20 atlet), Wushu (14 atlet), Atletik (11 atlet), Panjat Tebing (4 atlet), Tenis Meja (6 atlet), Catur (3 atlet), dan Bola Voli (25 atlet).

Sementara Officiel atau pendamping atlet 14 orang dengan demikian total kontingen SBB di ajang Popmal IV tahun 2022 sebanyak 164 orang. (S-18)