SAR Temukan Tumpahan Minyak MV Nur Allya

AMBON, Siwalimanews – Setelah pencarian dilakukan dari sisi laut maupun udara, akhirnya menemukan tanda-tanda kapal kargo MV Nur Allya.

Kapal bermuatan nikel dengan 25 ABK ini diduga sudah tenggelam diperairan Maluku Utara dan hingga kini belum ditemukan.

Kepala Basarnas Ternate, M Arafah kepada Siwalima Sabtu (31/8) menyampaikan, pencarian menggunakan KN. SAR 237 Pandudewanata melibatkan personil gabungan dan menemu­kan tumpahan minyak di pesisir Desa Gambaru.

Pencarian ini dilakukan meskipun sudah melewati tujuh hari sehingga diperpanjang.

“Kita melakukan pencarian dari udara dengan pesawat TNI AL yang berangkat dari Bandara Pattimura Ambon Jumat  (30/8), dan melaku­kan pemantuan hingga landing di Bandara Sultan Babullah Ternate, namun tidak menemukan alias nihil. Sedangkan KN. SAR 237 Pandu­dewanata  menemukan, lifeboay atau sekoci dan tumpahan minyak dan juga temukan life carft,” jelasnya.

Setelah menemukan tumpahan minyak dan sekoci, polisi terus melakukan pencarian dengan harapan bisa menemukan kapal dan korban namun upaya itu nihil.

“Tim kita menemukan satu unit sekoci itu tepatnya dipesisir pantai desa Funk Obi, kemudian tim SAR gabungan melanjutkan pencarian sebelah barat dan timur selatan Pulau Obi dan menemukan tumpahan minyak tersebut kemudian mengambil sampel dan diidentifikasi apakah tumpahan itu milik kapal MV Nur Allya dan ternyata benar,” tuturnya.

Berdasarkan petunjuk itu, dan setelah dilakukan kroscek maka waktu pencarian kembali diperpanjang hingga 12 hari.

“Awalnya pencarian hanya tujuh hari, kita perpanjang tiga hari hingga Minggu (1/9) kemudian diperpan­jang lagi tiga hari kedepan. Jadi kita perpanjang enam hari untuk melakukan pencarian lagi,” jelasnya.

Untuk diketahui, pencarian melibatkan Basarnas Ternate, Basarnas Ambon, Ditpolairud Polda Malut, Lanal Ternate, Pos AL Bacan, SROP Ternate, KSOP Ternate, KSOP Ambon, KUPP Labuha, Bakamla RI, Kodim 1509 Labuha, Polsek Obi Selatan, UPTD BPPP wilayah V Panambuang, PT. Gurita Lintas samuder, PT. Matthew Daniel International, Asuransi P n I Club dan Asuransi H dan M.  (S-27)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *