AMBON, Siwalimanews – Anggota DPRD Provinsi Maluku daerah pemilihan Kota Ambon, Johan Lewerissa mendorong peme­rintah Provinsi dan Kota untuk lebih memperbanyak program pember­dayaan kepada masyarakat kecil khususnya dibidang pertanian dan perikanan.

Dijelaskan, dalam beberapa ke­sempatan mengunjungi konstituen di Kota Ambon ternyata, masya­rakat masih sangat membutuhkan bantuan pemerintah dalam bentuk penda­naan terlebih dahulu bagi yang ber­profesi dibidang pertanian dan perikanan.

“Banyak sekali kebutuhan mas­yarakat Kota Ambon khususnya pe­tani maupun nelayan yang mem­butuhkan bantuan pemerintah de­ngan menyediakan alat atau kebu­tuhan yang menunjang aktifitas pe­kerjaan mereka,” ungkap Lewerissa kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Rabu (25/1).

Bantuan pemerintah tersebut kata Lewerissa menjadi kebutuhan yang sangat mendesak sebab usaha pertanian dan perikanan tidak dapat lagi dilakukan secara manual tetapi membutuhkan peralatan penunjang jika usaha kecil ingin berhasil.

Menurutnya, program-program pemberdayaan mestinya menjadi fo­kus pemerintah daerah dan pusat sebab tanpa adanya intervensi program pemberdayaan maka masya­rakat akan sulit untuk mengem­bangkan usaha kecil.

Baca Juga: Pesisir dan Spesies Langka di Nusalaut Harus Dilindungi

Karena itu, terhadap sejumlah ke­butuhan masyarakat tersebut, seba­gai pimpinan Komisi II yang mengu­rusi pertanian dan perikanan maka pi­haknya akan menindaklanjuti de­ngan memintakan bantuan Peme­rintah Pusat. “Prinsipnya kebutuhan para petani maupun nelayan akan diperjuangkan komisi 2 saat mela­kukan aspirasi ke pemerintah pusat dan kita berharap perjuangan kami nanti di Jakarta dapat berhasil sehingga kebutuhan para petani maupun nelayan bisa terpenuhi” ucap politisi Gerindra ini. (S-20)