AMBON, Siwalimanews – Tak hanya Elviana Pattiasina dan Ayu Hindun Hasanussi namun Turaya Samal dan Muhamad Iqbal Payapo juga tumbang dalam pemilihan umum anggota DPRD Provinsi Maluku.

Samal dan Payapo mencalonkan diri sebagai anggota DPRD Maluku daerah pemilihan Kabupaten Seram Bagian Barat. Samal merupakan caleg yang diusung PKS dan Payapo merupakan caleg yang diusung Partai Hanura.

Keduanya harus menelan kekalahan lantaran akumulasi suara partai yang dikantongi tidak mencukupi untuk masuk dalam daftar lima besar peraih suara terbanyak dapil SBB.

Kedua caleg petahana tersebut dikalahkan dengan pendatang baru yakni caleg Nasdem, Timotius Akerina dan PAN, Ibrahim Ruhunussa.

Berdasarkan hasil rekapitulasi suara tingkat provinsi yang berlangsung di Kantor KPU Maluku hingga Rabu (13/3) dini hari, kedua caleg petahana ini meraih suara jauh dibawah caleg lainnya.

Baca Juga: Ratusan Balita Peroleh Makanan Tambahan

Tercatat, Samal meraih suara pribadi 3.478 dengan akumulasi suara partai sebesar 10.067, sedangkan meraih 1.285 suara dengan akumulasi suara partai 3.781.

Sementara itu, lima caleg yang dipastikan melenggang ke Baileo Rakyat Karang Panjang diantaranya, caleg partai Demokrat, Asri Arman yang mengantongi suara pribadi 9.396 dengan akumulasi 18.980 suara.

Posisi kedua ditempati, caleg PDIP dengan akumulasi 17.517 dan meloloskan caleg La Nyong dengan suara partai 6.753. selanjutnya diposisi ketiga ada caleg Partai Gerindra M Hatta Hehanussa yang mengantongi suara 11.471 dengan akumulasi 16.793.

Kursi keempat dipastikan akan ditempati caleg Partai Nasdem Timotius Akerina 7.893 dengan akumulasi suara partai 13.930 suara, sedangkan diposisi terakhir ditempati caleg PAN, Ibrahim Ruhunussa yang mengantongi 6.768 suara dengan akumulasi 13.549 suara.(S-20)