AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku Melkianus Sairdekut, mengingatkan semua elemen kepemudaan di daerah ini, untuk lebih menunjukkan peranannya sebagai motor penggerak pembangunan di daerah.

Harapan ini diungkapkan Sairdekut kepada wartawan di Baileo Rakyat Karang Panjang, Jumat (28/10), bertepatan dengan perayaan Sumpah Pemuda ke-94 yang mengusung tema Bersatu Membangun Bangsa.

Pasalnya kata Sairdekut, pemuda merupakan cikal-bakal lahirnya Negara Kesatuan Republik Indonesia, dimana kemerdekaan yang diperoleh hari ini, tidak terlepas dari peran aktif para pemuda yang berjuang mengusir segala bentuk perbudakan dan penjajahan dari tanah Maluku.

Dalam konteks Maluku hari ini, peran pemuda harus lebih ditunjukkan sebagai salah satu motor penggerak pembangunan, menuju Maluku yang lebih maju dari kemarin.

“Momentum hari sumpah pemuda, mestinya harus menjadi waktu yang tepat bagi semua elemen kepemudaan, melakukan perenungan atas jasa pemuda sebelum kemerdekaan, dan pasca kemerdekaan, termasuk dengan menjadi motor penggerak pembangunan,” ujar Sairdekut.

Baca Juga: Bupati: Anemia Merupakan Masalah Kesehatan Nasional

Sairdekut mengaku, fakta yang terjadi hari ini, khususnya dibidang politik, memang sebagian telah diisi oleh orang-orang muda, artinya ada keinginan dari kaum muda untuk menjadi motor penggerak pembangunan Maluku, tetapi harus dibarengi dengan konsistensi.

Pemuda harus mampu menunjukkan ciri khas yang penuh kebaruan dalam merespon setiap kebijakan yang diambil oleh pemda, termasuk dengan menyampaikan gagasan yang terstruktur, sebagai bentuk keikutsertaan dalam mengawal pembangunan Maluku kedepan.

“Kami berharap memang, semangat kebaruan selalu ditunjukkan seluruh kaum muda dalam pembangunan Maluku, sebab kemajuan Maluku tidak akan tercapai, jika tidak ada sumbangsih pemikiran dari kaum muda, maka kita harus bergandengan tangan untuk melihat Maluku kedepan,” tandas Sairdekut.(S-20)