AMBON, Siwalimanews – Wakil Ketua DPRD Provinsi Maluku, Melkianus Sairdekut menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk mewaspadai gelombang tinggi yang berpotensi mengancam perairan di Maluku.

“Kalau memang BMKG telah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi, maka kita minta masyarakat semua untuk waspada,” himbau Sairdekut kepada Siwalimanews, Kamis (12/8) merespon peringatan dini yang dikeluarkan BMKG) Stasiun Maritim Ambon.

Menurutnya, sebagai provinsi kepulauan, sudah pasti gelombang tinggi akan selalu mengancam Maluku, sehingga masyarakat, khususnya para nelayan harus lebih waspada dan berhati-hati terhadap semua hal yang berpotensi terjadi.

Apalagi, beberapa waktu belakangan ini banyak terjadi kecelakaan di laut yang mengakibatkan nelayan hilang maupun kejadian lainnya. Karena itu, sikap siaga dan waspada harus tetap dilakukan terutama para nelayan dan pelaku usaha laut, agar terhindar dari ancaman gelombang tinggi.

“Saya juga minta kepada BMKG untuk tetap proaktif memberikan informasi terkait dengan potensi gelombang tinggi maupun kondisi cuaca lainnya, agar masyarakat tetap siaga,” pintanya.

Baca Juga: Ketua Sinode Jamin Pemilihan Rektor Sesuai Mekanisme

Politisi Gerindra ini juga meminta kepada Badan SAR maupun BPBD agar lebih tanggap dalam menanggulangi kecelakaan di laut yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

“Badan SAR dan BPBD juga kita ingatkan untuk sigap guna mengantisipasi ancaman gelombang tinggi ini,” ujarnya. (S-50)