PENJABAT Bupati Maluku Tengah, Rakib Sahubawa mengatakan, keluarga sebagai komunitas terkecil dalam masyarakat adalah pondasi dasar pembangunan daerah.

Pandangan mantan Kepala Bappeda Malteng itu, disampaikannya saat mengukuhkan Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah, di Baileo Soekarno Masohi, Jumat (08/12).

Kekuatan pembangunan daerah, kata dia, berakar pada elemen keluarga sebagai komunitas mikro dalam masyarakat, dimana keluarga sejahtera dan berkualitas merupakan pondasi dasar bagi keutuhan, kekuatan dan keberlanjutan Pembangunan.

“Saya ucapkan selamat kepada Ibu Asnawiyah Sahubawa yang telah dikukuhkan sebagai Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku Tengah. Semoga pengukuhan hari ini dapat menambah semangat Ibu selaku Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Maluku dalam membangun daerah, melalui pemberdayaan keluarga,” tambah Sahubawa.

Rakib mengakui PKK merupakan organisasi yang memiliki jejaring paling luas, menyentuh komunitas terkecil dalam masyarakat, yaitu keluarga.

Baca Juga: Pemprov Dinilai tak Mampu Urus Mess Maluku

“Dengan luasnya jejaring itu, dan tumbuhnya Gerakan PKK dengan agenda dasar pember­dayaan keluarga yang tumbuh dari, oleh, dan untuk masyarakat, telah memberikan kontribusi berharga dalam Pembangunan,” ujar Penjabat Bupati.

Gerakan PKK dewasa ini dihadapkan pada tantangan pembangunan, yang juga dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Maluku Tengah, salah satunya adalah kemiskinan dan stunting.

Menurutnya tahun 2023 ini, Pemkab Malteng melaksanakan percepatan pembangunan, terma­-suk dalam penanganan kemiskinan dan stunting, guna mencapai tar­-get yang ditetapkan untuk tahun 2024, yakni 7% tingkat kemiskinan dan mendekati 0% kemiskinan ekstrem, serta 14% stunting.

“Saya berharap Tim Penggerak PKK  dapat menjalankan program kerjanya secara beriringan dengan mengintegrasikan program PKK dengan Program prioritas Pemerintah Daerah. Saya berharap agar Tim Penggerak PKK semakin meningkatkan kinerja dan peran serta dalam menyukseskan Pembangunan,” harap Sahubawa.

Rakib yakin TP PKK Malteng dibawah nakhoda Ny Asnawiyah Sahubawa  dapat mampu meningkatkan kinerja daerah melalui gerakan PKK.

“Kuncinya adalah komitmen, tim kerja yang solid, kerja sama dan sinergi dengan seluruh stakeholder. Saya yakin,  Kepemimpinan Ny Asnawiyah Sahubawa dapat dengan sukses mewujudkan harapan target kerja dan program yang diharapkan,” tukas bupati.(S-17)