AMBON, Siwalimanews – Mengurai kemacetan, rute keluar masuk Terminal Mardika khusus untuk angkutan kota akan diubah.

Angkot jurusan Karang Panjang, Kopertis, Ahuru, Lin II yang sebelumnya keluar dari terminal langsung menuju ke jalan Tulukabesy akan diubah melewati jalan Pantai Mardika, menuju ke jalan Slamet Riyadi.

Kemudian untuk angkot jurusan laha yang sebelumnya diberada di terminal A2 digeser ke terminal A1, sementara angkot Latuhalat yang diparkir di luar terminal digeser ke dalam terminal A1.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Ambon, Robby Sapulette, kepada Wartawan, di Balai Kota, Rabu (10/8) mengatakan Dalam perubahan akses keluar-masuk Terminal Mardika segera diberlakukan.

“Kita atur agar akses kendaraan bisa jalan dengan bebas,” terang Sapulette.

Baca Juga: Diakhir Masa Jabatan, Tuasikal Temui Warga

Lanjutnya untuk mengimplementasikan perlu adanya koordinasi tentang sirkulasi arus keluar-masuk, karena terjadi perubahan posisi jalur-jalur yang ada dalam terminal, kemudian akses keluar masuk juga mengalami perubahan

Kedepan angkot karpan, kopertis yang tadinya keluar melalui jalur citra, akan berubah. Disitu akan jadi akses masuk,” jelasnya.

Kenapa ini perlu dilakukan karena jalan Telukabesay pada jam-jam tertentu terjadi kemacetan, maka pertimbangan pemerintah akan menjadikan jalur masuk angkot.

“Jalur keluarnya, akan melewati jalur melalui Pantai Mardika dan masuk lagi ke Slamet Riyadi dan ke tulukabessy dan seterusnya,” terangnya.

Sementara untuk jalur angkot Kebun Cengkeh dan Stain, IAIN itu masih tetap, karena mereka belum ada terminal.

“Nantinya untuk pertimbangan akses masuk mereka akan diarahkan untuk melewati jalur dari arah citra. Kalau dia terus ke pos mutiara, maka akan menambah beban disitu. Jadi itu akan kita atur. Jadi tetap keluar Amans, melalui Ongkoling,” ungkapnya. (S-25)