AMBON, Siwalimanews – Proses perhitungan suara masih terus berjalan, namun dipastikan calon anggota DPRD Kota Ambon dapil Ambon 1 dari Partai Nasdem, Irene Maureen Russel bakal keluar sebagai pemenang.

Russel dipastikan melenggang ke Baileo Belakang Soya setelah mengungguli pesaing separtainya, Body Wane Ruperd Mailuhu.

Unggulnya Russel dari dapil Ambon 1 sangat beralasan sebab dari rekap data C1-KWK pada Pleno PPK Leitimur Selatan, Rus­-sel lolos dan menggusur Mailuhu dengan selisih suara yang tipis.

Pada wilayah tersebut, Russel menjadi peraih suara terbanyak dengan torehan mencapai 534 suara dan menjadi peraih suara terbanyak kedua, sementara Mailuhu sendiri hanya mendapatkan 132 suara.

Sementara, untuk sebagai daerah yang masuk dapil Sirimau 1 justru Mailuhu yang berhasil menggusur Russel dimana sesuai data C1-KWK Mailuhu unggul dengan 951 suara sedangkan Russel di posisi kedua dengan 566 suara.

Baca Juga: Tim BMW Optimis Raih Kursi DPR

Dari 10 Kelurahan di Kecamatan Sirimau, Mailuhu unggul di delapan Kelurahan, diantaranya Kelurahan Ahusen Mailuhu 74 suara sedangkan Russel 18 suara. Kelurahan Amantelu Mailuhu 106 suara dan Russel 50 suara, Kelurahan Honipopu, Mailuhu 73 suara dan Russel 8 suara.

Lanjut ke Kelurahan Rijali, Mailuhu 208 suara dan Russel 74 suara. Desa Soya, Mailuhu 74 suara dan Russel 69 suara. Kelurahan Uritetu, Mailuhu 55 suara dan Russel 10 suara. Kelurahan Waihoka, Kelurahan Waihoka Mailuhu 50 Suara dan Russel 23 suara.

Untuk Kelurahan Karang Panjang walaupun proses pleno PPK masih berjalan namun sesuai data C1-kwk, Mailuhu juga unggul dengan 130 suara sementara Russel mengantongi 78 suara.

Kendati masih menunggu hasil Pleno di KPU Kota Ambon, namun dari hasil perolehan suara di Leitimur Selatan dan Sirimau 1 berdasarkan hasil rekap data C1-kwk maka Russel hampir dipastikan Russel akan terpilih manjadi anggota DPRD Kota Ambon dengan jumlah suara  1.100 suara atau selisih tipis 17 suara dari Mailuhu yang mendapatkan 1.083 suara.(S-20)