MASOHI, Siwalimanews – Sedikitnya empat partai politik yakni Partai Gerindra, Golkar, PDIP dan PKS adu kuat merebut kursi ketua DPRD di Kabupaten Maluku Tengah.

Keempat partai itu diketahui saling menyalip angka akumulasi peraih suara terbanyak sementara dengan presentasi suara masuk sebesar 70.09 % atau sekitar 867 TPS dari 1.237 tempat pemungutan di wilayah Kabupaten Maluku Tengah.

Pantauan Siwalima dari data Sirekap KPU sampai dengan pukul 15.36 wit Selasa (27/2)  terlihat jelas empat partai politik adu kuat memuncaki perolehan suara sementara.

Partai Gerindra menjadi parpol dengan perolehan sementara data tertinggi. Partai besutan Prabowo Subianto itu memuncaki perolehan suara sementara dengan hasil 12.504 suara atau sekitar 10.34 %. Perolahan suara Partai yang di pimpin Carl Men Haurissa itu terpaut angka menjolok hampir 1000 suara dari ketiga parpol lainnya.

Partai PKS menjadi partai kedua yang memuncaki perolehan suara sementara dengan hasil, 11.706 suara atau sekitar 9.68 %. Posisi ketiga perolehan suara terbanyak ditempati PDIP dengan skor tipis dari PKS dan sekaligus Golkar yang menempati posisi keempat.

Baca Juga: KPU Kota Ambon Mulai Rekap Perhitungan Perolehan Suara

Partai besutan Megawati Sukarnoputri itu untuk sementara memperoleh hasil perolehan suara sebesar 11.287 suara atau sekitar 9.33% sementara posisi keempat diduduki Partai Golkar dengan skor sangat tipis dari PDIP maupun PKS.

Untuk sementara partai Golkar memperoleh hasil perolehan suara 11.266 suara atau sekitar 9.31 % dengan margin 2 % dari PDI perjuangan.

Secara umum dari data sirekap KPU memperlihatkan perolehan suara sementara keempat partai dimaksud, berbanding sangat tipis dengan terfal atau margin hanya berbanding 1 sampai dengan 2 percen suara. Umumnya kondisi itu masih mungkin mengali perubahan, sebab masih tersisa lebih kurang 370 TPS yang belum masuk dalam aplikasi sirekap KPU Malteng. (S-17)