BULA, Siwalimanews – Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Seram Bagian Timur Sidik Rumalowak mengaku, untuk penyaluran tunjangan tamsil pada tahun 2023 kemarin, semuanya berjalan secara baik dan lancar sesuai dengan anggaran yang transfer dari pusat ke daerah.

Namun, jika pemda siap membayarkan tunjangan tambahan pengasilan bagi para guru setiap triwulan seperti yang DPRD inginkan, maka daerah harus siapakah dana cadangan.

“Jadi kalau DPRD inginkan untuk harus daerah bayar sebagaimana yang disentil oleh pak Husein Rumadan itu kami mengapresiasi, namun daerah harus menyiapkan dana cadangan untuk membayar 395 guru per triwulan, nanti dana transfer baru diganti,” ungkap Rumalowak kepada wartawan di Lapangan Pancasila, Kota Bula, Senin,  (8/1)

TPG

Sementara untuk tunjangan profesi guru atau TPG kata Rumalowak,  pihaknya sementara mendorong agar tunjangan tersebut dapat diterima oleh mereka yang berhak menerimanya yang sampai saat ini belu mendapatkannya.

Baca Juga: Rekam Orang Sedang Mandi, Pemuda Ini Dituntut 4 Tahun Penjara

Pasalnya, disaat penyaluran pada pekan kemarin ada sedikit bermasalah yang membuat sedikit keterlambatan di pihak bank, lantaran penataan sistem administrasi.

“Terkadang para guru maunya itu langsung hari itu juga mereka terima, tapi minimal mereka punya sistem sebab ada rekening yang terblokir itu berarti mereka harus validasi data lagi, mungkin tanggal lahirnya salah, atau KTP belum terkonek, makanya itu yang sementara kami lakukan,” ungkap Rumalowak.(S-27)