PIRU, Siwalimanews – DPRD Kabupaten Seram Bagian Barat menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingati HUT ke-20 kabupaten tersebut yang dipimpin Ketua DPRD Abd Rasyid Lisaholit didamping Wakil Ketua Arifin Podlan Gresia dan La Nyong, Senin (8/1).

Penjabat Bupati SBB Andi Chandra As’aduddin dalam pdatonya pada paripurna itu mengatakan, sidang paripurna HUT ke-20  Kabupaten SBB kali ini mengangkat tema Baku Kele Par SBB Damai.

“Tema ini menjadikan kita dapat lebih bersinergi bersama dan menyatukan gerak langkah untuk bersama-sama membangun SBB ke depan yang lebih baik,” ucap bupati.

Menurutnya, pada HUT ke-19 tahun kemarin tema yang diangkat Wisata Maju namun diusia ke-20 tema yang diangkat Baku Kele Par SBB Damai diyakini dapat membina kebersamaan dalam membangun bumi Saka Mese Nusa yang dicintai, sebab tema ini sebagai pendorong semangat untuk bergandeng tangan, bahu membahu memberikan kontribusi dalam membangun SBB menuju masyarakat maju dan berkeadilan.

 HUT kali ini kata bupati, tidak hanya mengenang dan berbagai cerita dan bukan sekedar bergembira, atau sekedar kegiatan seremonial belaka, tetapi lebih dari itu, peristiwa ini hendaklah dijadikan sebagai momentum untuk berbenah dan lebih inovatif dalam melakukan berbagai kegiatan pembangunan.

Baca Juga: AKBP Hardy Kadir Jabat Kapolres Malteng

“Dalam memperingati HUT yang kita lakukan setiap tahun, tentunya mempunyai makna yang mendalam, bahwa kita tidak bisa ingin melakukan sejarah dan senantiasa kita dapat memaknai secara obyektif kondisi masa kini serta memproyeksikannya ke depan untuk perubahan yang lebih baik lagi,” tandas bupati.

Untuk itu, bupati mengajak semua pimpinan dan anggota DPRD, aparatur pemerintah dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama sama-sama bekerja keras membangun SBB, agar kedepannya lebih baik dan maju. Karena itu, untuk mewujudkan pembangunan masyarakat di Bumi Saka Mese Nusa yang mengarah pada perbaikan di segala bidang, pemerintah daerah bersama DPRD akan selalu bersinergi dan bekerja sama dalam membangun SBB.

“Tahun 2023 telah kita lalui dengan menyimpan catatan dan harapan yang akan diteruskan pada tahun 2024, kita menyadari bahwa program yang direncanakan untuk membangun SBB ini, sebagian telah direalisasikan dengan baik, namun tidak sedikit juga yang perlu ditindak lanjuti,”

Ketua DPRD Abd Lisaholit mengatakan, atas nama lembaga dan seluruh anggota menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada penjabat bupati, forkopimda, instansi vertikal, dan para tokoh pemekaran, tokoh adat, tokoh masyarakat serta tokoh agama dan juga pada insan pers yang telah bersama-sama membangun daerah ini untuk lebih maju lagi kedepannya.

Tak lupa juga Lisaholit menyampaikan, terima kasih dan penghargaan kepada pihak TNI dan Polri karena telah membantu menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban di SBB, sehingga kondisi kabupaten ini tetap ada dalam kondisi aman dan tentram.

“Untuk itu saya ajak seluruh masyarakat SBB untuk sama-sama ciptakan pemilu yang damai dengan mencegah timbulnya berita hoax, fitnah maupun ujaran kebencian. Pemilu harus sukses dan penuh perdamaian, tidak boleh menimbulkan perpecahan dan merusak tata kehidupan beragama di SBB, untuk itu, semua pihak memiliki peran penting dan saling berkolaborasi, karena keterlibatan semua elemen sangat penting untuk menyatukan pemahaman dan persepsi dalam menciptakan suasana kondusif dan damai di tengah masyarakat,” ajak Lisaholet. (S-18)