BULA, Siwalimanews – Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Seram Bagian Timur, Sidik Rumalowak mengakui hingga kini  sejumlah bangunan sekolah dasar di kabupaten yang bertajuk Ita Wotu Nusa ini yang rusak belum juga diperbaiki.

Belum diperbaiki sekolah-sekolah tersebut karena terkendala anggaran.

Sebut saja, SD  Al- Hilal Guliar di Kecamatan Wakate, yang merupakan sekolah milik Yayasan Al- Hilal.

“Tahun 2021 itu pemerintah daerah juga sudah membangun ruang kelas baru, ada dua unit disitu. Sedangkan satu bangunan lama belum tersentuh karena belum ada anggaran untuk melakukan renovasi,” ujar Rumalowak, kepada Siwalimanews, melalui telepon selulernya. Selasa (16/4).

Selain itu, kata dia, ada juga gedung SD Namalomin maupun SD Mising, yang pernah diperbaiki juga dulu namun harus disesuaikan dengan kemampuan APBD.

Baca Juga: Arus Mudik dan Balik di Pelabuhan Moa tak Signifikan

“Jadi keinginan kita, semua ingin untuk harus diperbaiki  seluruhnya, tetapi kita harus sesuaikan dengan kemampuan anggaran yang telah kita miliki,” ujarnya.

Kendati demikian, pihaknya akan mendorong agar dapat dialokasikan melalui DAK, misalnya untuk SD Al-Hilal.

“Karena Kepala sekolahnya dengan operator sekolahnya mampu untuk mengoptimalkan terhadap pengolahan data dapodik yang begitu bagus, sehingga mereka bisa mendapatkannya, sehingga kita bisa usulkan melalui Dana Alokasi Khusus,” imbuhnya.

Dirinya mencontohkan, untuk SD Al- Hilal Mugusinis cuma satu bangunan saja, tapi alhamdulillah dengan pengolahan data dapodik untuk di tahun ini sudah langsung diperbaiki baik ruang kelas baru, kantor maupun sarana yang lainnya.

“Nah ini yang kami dorong, saat ini adalah kami mencoba untuk para kepala sekolah ini harus merubah mindset, saya  mengajak mereka semua untuk bekerja, mereka punya tugas adalah bagaimana caranya mengoptimalkan pengolahan data dapodik karena sekolah ini. Karena para Kepala sekolah sebagai pemegang admin dapodik di semua satuan pendidikan bersama operator sekolah,” pungkasnya.(S-27)