AMBON, Siwalimanews – Diduga akibat hubungan arus pendek listrik, rumah milik Rahel Taribuka yang berlokasi di Gunung Nona RCTI tepatnya di lingkungan RT004/004 Negeri Amahusu, Kecamatan Nusaniwe Kota Ambon, ludes terbakar, Jumat (14/10) malam.

Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Moyo Utomo kepada wartawan di Mapolresta, Sabtu (15/10) menjelaskan, berdasarkan keterangan penghuni rumah Serly Paliama (saksi), bahwa awalnya kejadian berawal ketika saksi yang sementara tidur dengan 2 anaknya di ruang tamu, kemudian merasakan hawa panas dari arah kamar depan rumah.

Merasakan hal tersebut, saksi lantas bergegas bangun dan langsung mengecek ke arah kamar depan rumah, yang mana saksi melihat sudah ada kepulan asap dan api dari arah kamar depan.

“Mendapati adanya kepulan asap dari salah satu ruang kamar, saksi langsung bergegas berlari ke arah ruang tamu dan membangunkan ke dua anaknya yang sementara tidur untuk keluar dari rumah,” jelas Utomo.

Setalah berhasil keluar dari dalam rumah, saksi kemudian berteriak, bahwa rumahnya terbakar sehingga warga sekitar mendatangi TKP kemudian memadamkan api.

Baca Juga: BNPP Gelar Rapat Konsolidasi Pelaksanaan Perpres 118

Namun karena minimnya peralatan, membuat api cepat merembet dan membakar abis bangunan rumah beserta isinya.

“Warga sekitar yang mendengar teriakan terabut langsung berdatangan dan mencoba memadamkan kobaran api tersebut dengan peralatan seadanya, namun kobaran api terus membesar dan membakar seluruh bangunan rumah tersebu,” ujar Utomo.

Sekitar pukul 22.30 WIT personel Polsek Nusaniwe beserta 3 unit mobil pemadam kebakaran Kota Ambon tiba di TKP dan dibantu warga bersama-sama memadamkan kobaran api dan beberapa saat kemudian api berhasil dipadamkan.

Belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran, namun dugaan sementara kebakaran disebabkan korsleting listrik pada kamar depan di rumah tersebut.(S-10)