AMBON, Siwalimanews – Rumah milik nyonya Lela yang berada di RT 005 RW 017 Kelurahan Amantelu, Kecamatan Sirimau dilahap si jago merah, Minggu (9/4) sekitar pukul 09.30 WIT.

Kuat dugaan api berasal dari hubungan arus pendek di rumah korban sehingga membuat api melahap hampir semua bangunan. Beruntung api dapat dipadamkan oleh warga dibantu oleh petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran Kota Ambon.

Kejadian ini juga membuat warga sekitar panik, lantaran korban yang juga pemilik rumah tidak berada di lokasi kejadian.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Ambon Edwin Pattikawa mengaku kalau saat kejadian korban tidak berada di tempat.

“Rumah korban lagi kosong, karena pemiliknya sementara mengikuti ibadah di gereja,” terang Edwin ketika dikonfirmasi Siwalima kemarin.

Baca Juga: Abetnego Jabat Direktur RS GPM

Ia menjelaskan petugas pemadam kebakaran mendapat laporan dari warga kalau ada kebakaran di RT 005 RW 017. Setelah mendapat laporan, dua unit mobil pemadam diterjunkan.

Ada dua unit pemadam yang diterjunkan ke lokasi. 1 unit damkar dari Pos Damkar kota dan 1 unit mobil dari Hative.

“Ketika tiba di lokasi kami dibantu warga sekitar memadamkan api dan sebagian lagi ikut membantu mengevakuasi barang-barang milik korban,” jelas Edwin.

Api menurutnya, telah melahap plafon depan rumah hingga atap bagian dapur rumah korban, ketika petugas tiba di lokasi kejadian.

“Kita langsung memadamkan api,” ujarnya.

Ditanya penyebab kebakaran, ia menjelaskan bahwa dugaan sementara api berasal dari hubungan pendek arus listrik. “Kita duga ada korsleting listrik di rumah korban,” tambahnya. (S-09)