PIRU, Siwalimanews – Sejumlah ruas jalan di Kota Piru, Kecamatan Seram Barat, Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB) dikepung banjir setinggi betis orang dewasa, Senin (12/9).

Pantauan Siwalima, banjir yang melanda Kota Piru akibat hujan deras sehi­ngga beberapa ruas jalan terkepung banjir, alhasilnya para pengendara roda dua tidak bisa melintas jalan tersebut, dan memilih berhenti be­berapa jam hingga air surut barulah bisa melewati ruas jalan itu.

Ruas jalan yang tergenang banjir salah satunya, depan Kantor PLN Cabang Piru, Tugu Oma Opa, depan Kantor Pajak dan sekitarnya.

Menurut salah satu pengendara roda dua, La Amir kepada Siwalima mengungkapkan, banjir yang melan­da Kota Piru sering terjadi apabila musim hujan, sebab ruas jalan Trans Seram khususnya di Kota Piru ter­besar belum ada drainase sehingga air hujan tidak tertampung menga­kibatkan meluapnya air sungai.

“Akibat banjir kami selaku pengendara roda dua tidak bisa melintas, karena tingginya air sampai di betis orang dewasa. Kami harus menunggu beberapa jam hingga air surut baru bisa melintas,” tuturnya.

Baca Juga: Setelah Dua Pekan Kunjungi Tanimbar, Jokowi ke Aru & MBD

Dia berharap, dengan kondisi banjir saat ini dan mengakibatkan kemacetan, untuk itu ia meminta kepada Pemerintah Provinsi Maluku maupun Pemerintah Kabupaten dapat melihat persoalan ini sehingga aktivitas tidak terganggu.

Menurutnya, setiap hujan jalan-jalan tersebut sering terkepung banjir, dan membuat masyarakat sering resah karena tidak pernah diperhatikan oleh pemerintah daerah. Seharusnya, Pemda  SBB dan Pemprov Maluku harus jeli melihat persolan banjir, karena ruas jalan yang ada di Kota Piru terbesar belum memiliki drainase

Bukan saja La Amir, pengendara lainnya juga mengungkapkan hal yang sama, mereka meminta ada perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten SBB agar ruas jalan tersebut bisa tertangani dengan baik, sekalipun hujan tidak sampai terjadi banjir seperti saat ini.

Beberapa masyarakat yang melintasi ruas jalan itu juga meminta, Pemkab SBB secepatnya mengatasi solusi banjir yang setiap musim hujan terjadi di Kota Piru,

Mereka meminta agar segera dibuat drainase sehingga kendati intensitas hujan tinggi tetapi wilayah Kota Piru sudah bisa teratasi dengan masalah banjir.

Sementara itu, Kepala Dinas Badan Penanggulangan Bencana Derah (BPBD) Thom Watimena maupun Kadis PU SBB, Nasir Suruali saat dikonfirmasi Siwalima melalui telepon selulernya namun diluar jangkauan.(S-18)