AMBON, Siwalimanews – Kebakaran terjadi di RSUD dr M Halussy Kudamati, Jumat (15/9). Kebakaran yang terjadi sekitar pukul 08.00 WIT itu mengakibatkan ruangan cuci darah ludes terbakar.

Kasi Humas Polresta Ambon Ipda Jane Luhukay kepada wartawan di Mapolresta Ambon menjelaskan, berdasarkan keterangan saksi Fany Fenendy yang merupakan perawat di RS tersebut, mengaku kebakaran diketahui setelah korban yang baru masuk kantor mencium bau terbakar.

Setelah diperiksa, ternyata asal bau hangus itu keluar dari ruangan cuci darah.

“Saat saksi melewati depan ruangan cuci darah, ia mencium bau hangus,tetapi tidak tau asalnya dari mana, setelah itu saksi dan beberapa teman kerjanya langsung mengecek setiap ruangan dan terlihat asap keluar dari ruangan cuci darah, dan dengan segera saksi langsung membuka ruangan tersebut dimana  asap tebal disertai percikan api keluar dari AC ruangan,” jelas Ipda Jane mengutip keterangan saksi.

Menurut Ipda Jane, akibat kebakaran itu membuat saksi dan beberpaa temannya dibantu security RS mencoba memandamkan api, sambil menunggu mobil pemadam kebakaran yang sudah dihubungi.

Baca Juga: Dua Terdakwa Kasus Korupsi Dana Gempa SBB Divonis Berbeda

Tak lama kemudian, empat unit mobil damkar Kota Ambon tiba di lokasi dan membantu pihak RS memadamkan sisa-sisa kebakaran yang awalnya sudah di padamkan pihak RS. Beruntung api berhasil dijinakan sebelum membesar dan merembet ke ruang yang lain.

“Api berhasil dipadamkan sebelum merembet ke ruang lain. Untuk penyebab kebakaran akibat kosleting listrik pada AC ruangan, karena titik awal kebakaran berasal dari AC tersebut,” jelas Ipda Jane.(S-10)