TIAKUR, Siwalimanews – Rumah Sakit Umum Pelayanan Obestetri Neonatal Emergensi Komprehensif (PONEK) di Kabupaten Maluku Barat Daya kini mulai difungsikan.

Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Tiakur Jimmy  Sindahanis mengaku, RS Ponek tersebut sudah berfungsi yang dikhususkan untuk pelayanan gawat darurat bagi ibu hamil dan bayi yang baru lahir.

“RS ini sudah difungskan yang dikhususkan untuk pelayanan gawat darurat bagi ibu hamil dan bayi yang baru lahir,” ungkap Jimmy kepada Siwalimanews di ruang kerjanya, Senin (19/6).

Ia menjelaskan, ada delapan ruangan pada RS ini, yakni ruangan IGD, ruang bersalin, ruang operasi, ruang NICU, ruang PICU, ruang ICU, ruang radiologi, dan ruang laboratorium.

“Ruangan-ruangan ini disediakan agar pelayanan ibu hamil lebih cepat. Jadi memang di IGD juga diterima pasien umum. Kalau ada ibu melahirkan, disebelahnya sudah ada ruang bersalin dan kalau perlu tindakan ada ruang operasinya,” ujarnya.

Baca Juga: PWI Apresiasi Hubungan Lantamal IX dan Media

Ini dimaksudkan, agar mempermudah pelayanan, bahkan di ruangan NICU juga sudah disiapkan inkubator sebanyak dua unit dan oksigen ditambah ventilator.

“Jadi memang sarana sudah tersedia. Kita berharap dengan beroperasinya RS Ponek ini, pelayanan akan lebih ditingkatkan, terutama kepada ibu hamil dan bayi yang baru lahir,” harapnya.(Mg-2)