AMBON, Siwalimanews – Komandan Lantamal IX Ambon Brigjen TNI (MAR) Said Latuconsina  meminta Kepala Rumah Sakit TNI AL  dr. FX Suhardjo Ambon Letkol Laut (K) dr  Eka Purwanto, untuk mengantispasi Covid-19 varian BA.4 dan BA.5

“Sub varian omicron BA.4 dan BA.5, sangat mudah menular dan dapat menginfeksi ulang penyitas covid-19, gejala lebih ringan dari varian lainnya (Alpha, Delta dan lain-lain), vaksin booster lebih efektif mencegah gejala berat dan kematian, responsif terhadap pengobatan yang ada berupa antivirus dan antibodi monoklonal, gejala serupa omicron dengan masa inkubasi dua hingga tiga hari,” jelas Dantamal, melalui press releasenya yang diterima Siwalima, Senin (13/6).

Sementara itu, untuk mencegah adanya lonjakan kasus akibat omicron BA.4 dan BA.5, Kepala Rumah Rakit TNI AL dr. FX Suhardjo, Letkol Laut (K) dr  Eka Purwanto menghimbau, agar selalu disiplin protokol kesehatan, menghindari ruangan tertutup dengan ventilasi buruk, apabila bergejala segera lakukan test PCR, melakukan vaksinasi lengkap, melakukan gaya hidup bersih dan sehat, terus mengikuti perkembangan penyebaran covid-19 di Indonesia.

“Rumah Sakit TNI AL dr. FX Suhardjo melayani vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama dan kedua juga melayani vaksinasi penguat atau dosis ketiga (Booster),” ujarnya.

Dengan berkurangnya kasus covid-19 yang sudah menurun, Kepala Rumah Sakit TNI AL dr. FX Suhardjo menyampaikan agar masyarakat diimbau terus meningkatkan kewaspadaan dari ancaman penularan virus corona itu dengan tetap menerapkan protokol kesehatan secara ketat, terutama di area publik.

Baca Juga: 131 Nakes Belum Terima Jasa Covid, Dinkes Klaim akan Cairkan

“Pandemi COVID-19 belum berakhir, jika masyarakat mengendurkan protokol kesehatan, maka dikhawatirkan akan terjadi lonjakan kasus positif yang saat ini sudah bisa dikendalikan dengan baik,” katanya.

Bagi masyarakat yang hingga kini masih belum divaksin Rumah Sakit TNI AL dr. FX Suhardjo siap melayani pemberian vaksin. (S-08)