AMBON, Siwalimanews – Ribuan umat Islam memadati Masjid Al Fatah Ambon Jalan Sultan Babullah untuk melaksanakan Salat Ied 1 Syawal 1444 Hijriah, Sabtu (22/4) pagi.

Pantauan Siwalima, jemaah sudah berduyun-duyun berda­tangan ke masjid terbe­sar di Provinsi Maluku, Kota Ambon ini sejak pukul 05.45 WIT, baik laki-laki, perempuan, tua, dan muda. Mereka membawa perlengka­pan ibadahnya sendiri, mulai dari sajadah hi­ngga mu­kena. Terma­suk Gubernur Maluku, Murad Ismail dan Sekretaris Daerah Provinsi Maluku, Sadli Ie.

Meskipun sempat turun hujan, namun pelataran Masjid Al Fatah sudah sesak dipenuhi warga, jelang mu­lainya salat. Shaf atau barisan salat pun akhirnya me­ngular hingga em­peran pertokoan di area depan dan samping masjid terbesar di kota berjuluk manise itu.

Shaf laki-laki di bagian Masjid Raya Al Fatah sementara perem­puan di Masjid Djami yang berada persis disebelah. Jamaah Salat Ied datang membawa alas, mulai dari tikar, terpal hingga koran bekas sebagai alas duduk sekaligus untuk pelaksanaan Salat.

Sholat Ied tahun ini berlangsung de­ngan Ibnu Jarir sebagai Imam. Se­mentara bertindak sebagai Khatib Prof. Dr. Zainal Abidin Rahawarin.

Baca Juga: Mobil Wakil DPRD SBT Gunakan Nopol Palsu

Dalam Khotbah Rahawarin se­laku khatib mengingatkan Jemaah untuk selalu memperhatikan amal syukur, rida dan selalu mentaati perintah Allah SWT

“Saya hanya seorang hamba yang diamanatkan hari ini untuk menyampaikan takdir mengingat­kan kepada kita semua setelah melaksanakan ibadah puasa di bulan Ramadan, bulan yang penuh hikmah bulan yang penuh berkah agar selalu mengingatkan yang Alpa dan lalai,” katanya.

Katanya, Firman Allah SWT, Wa­hai orang-orang yang beriman hendaklah setiap orang memper­hatikan apa yang telah dinikmati­nya untuk hari esok. Sungguh Allah mengetahui terhadap apa yang kamu kerjakan.

“Semua catatan amal perbuatan dan perilaku kita bahkan apa yang ada dalam hati setiap hamba tercatat dengan jelas bagaimana Allah subhanahu Wa ta’ala dalam surat. Perbuatan baik bagaimana yang bisa dinilai oleh Allah sub­hanahu wa ta’ala apakah hanya perbuatan amal kebaikan.” ujarnya

Pelaksanaan Salat Ied sendiri dikawal puluhan aparat gabungan bersenjata lengkap serta sejumlah organisasi kepemudaan juga turut mengamankan jalannya ibadah Sholat Idul Fitri 1 Syawal 1444 H.

Kapolda Apresiasi

Kapolda Maluku, Irjen Lotharia memberikan apresiasi kepada masyarakat telah menjaga kondisi keamanan dan ketertiban dalam masyarakat saat malam takbiran menyambut hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1444 Hijriah.

Hal ini dikatakan Kapolda, saat pematauan malam takbaran ter­sebut yang dipusatkan di Lapangan Letkol Pol Chr Tahapary, Tantui, Kota Ambon, Jumat (21/4).

Kapolda mengatakan, secara umum dari laporan yang diterima di setiap daerah di Maluku, situasi keamanan saat malam takbiran dalam kondisi aman terkendali.

“Saya bersama dengan bapak Gubernur, Pangdam dan Forko­pimda lainnya memonitor rangkai­an kegiatan malam takbiran, dan kita melaksanakan kegiatan ini dibantu instansi terkait. Dari la­poran yang kami terima, secara umum malam takbiran berjalan dalam keadaan aman terkendali,” kata Kapolda.

Kapolda mengaku, meski Peme­rintah dan MUI telah menghimbau warga agar tidak melakukan pawai takbiran keliling, namun hal itu tetap berjalan.

Kendati demikian, Kapolda mengaku kegiatan takbir keliling dapat diantisipasi dengan baik. “Dan ada petugas yang juga men­dampingi melakukan pengawalan dalam kegiatan tersebut,” katanya.

Dengan berjalannya pelaksa­naan malam takbiran secara aman dan kondusif, Kapolda menyam­paikan terima kasih kepada mas­yarakat yang telah bersama menjaga kamtibmas di Maluku.

“Saya berharap besok saat shalat Idul Fitri juga berjalan aman. Mari kita sama-sama jaga keama­nan agar pelaksanaan shalat dapat berjalan dengan khusyu dan kita bisa menunjukkan bahwa Maluku semakin aman dan damai. Saya menyampaikan selamat Idul Fitri, Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin,” pintanya.

Untuk diketahui, dalam melak­sa­nakan pantauan malam takbiran tersebut dilakukan oleh Kapolda bersama Gubernur Maluku, Murad Ismail, Pangdam XVI/Pattimura, Mayjen TNI Ruruh A. Setyawibawa, dan Forkopimda lainnya.

Pemantauan malam takbiran menyambut hari raya Idul Fitri, 1 Syawal 1444 Hijriah ini dipusatkan di Lapangan Letkol Pol Chr Taha­pary, Tantui, Kota Ambon, Jumat (21/4). Pemantauan yang dimulai sejak pukul 21.00 WIT hingga pukul 24.00 WIT ini dilakukan dengan menggu­nakan sarana video conference yang tersambung di Polres/ta jajaran Polda Maluku. (S-26/S-10)