AMBON, Siwalimanews – Sedikitnya tiga rumah warga di kawasan Batu Gantung Dalam RT02/03, Kelurahan Kudamati, Kecamatan Nusaniwe, Kota Ambon, Senin (16/3) sekitar pukul 18.50 WIT terbakar.

Ketiga rumah yang terbakar itu, masing-masing milik Keluarga Yoke Berhitu (65), Mina Fernajanan (60) dan keluarga Niko Radamusa (62). Selain itu, bangunan Sekre­tariat AMGPM Cabang Rehoboth juga ikut ludes terbakar.

Informasi yang dihimpun di TKP menyebutkan, api berawal dari rumah milik Ibu Mina Fernajanan.

Menurut keterangan saksi, Ryan Pasalbessy (19), kebakaran itu diketahuinya saat ia hendak mandi. Sebelumnya ia sempat memanas­kan air. Tiba-tiba terdengar bunyi percikan api dari arah lantai II rumah, yang disertai dengan pa­damnya aliran listrik yang diduga diakibatkan hubungan arus pendek listrik.

Setelah ia naik ke lantai II untuk memeriksa, ternyata api sudah membesar di salah satu ruangan di lantai rumah tersebut.

“Setelah bunyi seperti sekring jatuh, langsung lampu padam, sehingga saya naik ke lantai dua rumah untuk pastikan bunyi terse­but, setelah tiba di lantai dua saya lihat  api sudah membakar salah satu kamar,” jelasnya.

Mendapati hal tersebut, ia kemudian berteriak minta tolong. Sontak teriakannya mengundang datangnya warga yang berusaha memadamkan api secara manual. Namun api yang semakin membe­sar tidak dapat dikendalikan dan merembet ke rumah di sekitar TKP.

Sekitar pukul 19.20 WIT, tiga unit mobil pemadam kebakaran milik Pemkot Ambon tiba di TKP untuk memadamkan api. Karena lokasi tak dapat dijangkau mobil damkar sehingga petugas mengalami kesulitan. Walaupun demikian api berhasil dipadamkan sekitar pukul  18.00 WIT.

Dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa. Sedangkan penyebab kebakaran juga belum dapat dipastikan, namun dugaan se­mentara dikarenakan arus pendek listrik.

Sementara Kasubbag Humas Polres Pulau Ambon dan Pp. Lease, Ipda Julkisno Kaisupy yang dikonfirmasi belum menjawab telepon. Pesan whatsapp juga tak dibalas. (S-45)