AMBON, Siwalimanews – Kendati menjadi ibu kota Provinsi Maluku, namun ternyata tercatat se­banyak 2000 rumah di Kota Ambon tidak memiliki jamban alias toilet.

Banyaknya rumah yang tidak me­miliki jamban tentu saja mengindi­kasikan bahwa masih terdapat pen­duduk miskin di Kota Ambon yang perlu diperhatikan secara serius oleh Pemerintah Kota Ambon.

Walikota Ambon, Bode­win Wattimena menga­ku, kondisi ini sangatlah memprihatinkan, dite­ngah situasi Kota  Ambon yang padat ini.

“Informasi ada 2000 lebih keluarga di Ambon itu tidak ada toilet. Lalu dengan situasi kota yang padat seperti ini, mereka buang air bagaimana, dimana?” kata Wattimena.

Meski tidak dijelaskan secara rinci lokasi-lokasi mana saja, na­mun Wattimena mengatakan, akan mengintervensi kondisi yang ada dengan cara memastikan bahwa di tahun ini, seluruh keluarga di Kota Ambon harus memiliki jam­ban.

Baca Juga: Belum Bayar Intensif Covid, Wenno Warning Pemprov

“Kan kalau beli kloset duduk itu perbuah harganya tidak begitu mahal, makanya ini yang membuat saya harus intervensi. Tahun ini saya pastikan seluruh keluarga harus memiliki jamban,”ujarnya.

Wattimena menambahkan, se­bagai bentuk kepedulian Pemerin­tah Kota Ambon dalam melihat ke­beradaan masyarakatnya.

“Saya mau tahun ini kita bebas dari keluarga yang tidak punya jamban,” tandasnya sembari me­negaskan, dalam tahun 2023 ini ribuan keluarga tersebut sudah harus miliki jamban. (S-25)