Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Provinsi Maluku, Andi Munaswir mendukung penuh rencana Dinas Pendidikan untuk pengembalian guru ke daerah masing-masing.

Munaswir mengatakan, pasca seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) banyak sekali tenaga guru yang ditempatkan tidak sesuai dengan tempat tinggal.

Akibatnya, menimbulkan persolaan baru dengan adanya peningkatan biaya hidup termasuk keengganan guru untuk kembali ke lokasi penempatan.

“Sebagai wakil rakyat, kita berharap wacana kebijakan dinas pendidikan PNS Pemerintah Provinsi untuk mengembalikan guru ke sekolah masing-masing,” ujar Munaswir, kepada Siwalima di Ambon, Sabtu (20/5).

Ia memberikan contoh Guru dari Pulau Seram harus  dipindahkan ke SMA yang berada di Kabupaten Maluku Tenggara dan Maluku Barat Daya padahal jarak dari Seram ke Tenggara cukup jauh belum lagi guru harus meninggalkan keluarga dengan waktu yang cukup lama.

Baca Juga: DPRD Dorong Pemda Perhatikan Laut Teluk Ambon

Menurutnya, akibat dari kebijakan ini juga telah menimbulkan kekosongan guru jika guru tersebut memiliki untuk kembali ke daerah asal dalam waktu yang lama.

Olehnya, Dinas Pendidikan harus melakukan kajian secara matang agar pendidikan di Maluku dapat mengalami peningkatan karena kesejahteraan guru diperhatikan.

“Prinsipnya kita mengharapkan kebaikan ini  dapat terealisasikan bukan wacana, sehingga guru mengajar juga dengan hati yang senang bukan tertekan,” pintanya. (S-20)