AMBON, Siwalimanews – Bunda Literasi Maluku Barat Daya Relly Noach mengukuhkan bunda literasi  desa kelurahan se-Kecamatan Pulau Moa.

Literasi adalah suatu kegiatan atau aktivitas untuk lebih membudidayakan gerakan membaca serta juga menulis.

Literasi sangat banyak sekali manfaatnya, salah satu keuntungan dari literasi ini  diantaranya adalah dapat melatih diri untuk dapat lebih terbiasa dalam membaca serta juga dapat membiasakan seseorang untuk dapat menyerap informasi yang dibaca dan dirangkum dengan menggunakan bahasa yang dipahaminya. Dalam perkembangan sekarang ini literasi  menjadi kunci peningkatan kualitas SDM.

Dalam sambutannya Relly menyampaikan Indonesia dalam perkembangannya merupakan negara dengan kemampuan literasi yang rendah jika dibandingkan dengan negara-negara di Asia tenggara

Oleh sebab itu, pemerintah menitikberatkan peningkatan kemampuan literasi pada semua jenjang pendidikan agar bisa mendorong peningkatan kualitas SDM kita. Dengan konsep peningkatan kualitas SDM.

Baca Juga: OPD Pemkot Paparkan Penyerapan Anggaran

“Inilah maka konsep bunda literasi hadir untuk menggerakan budaya membaca dan menulis pada generasi muda,” kata Relly Noach.

Pengukuhan bunda literasi desa kelurahan menurutnya diharapkan menjadi motivator untuk meningkatkan budaya baca dan mengiatkan literasi di wilayah Kabupaten Maluku Barat Daya terlebih khusus  di kecamatan Pulau Moa.

Dirinya berharap keberadaan bunda literasi desa akan menjadi motivator bagi generasi muda untuk gemar mambaca dan menulis dengan baik.  Papatah tua mengatakan hanya dengan membuka lembaran-lembaran buku kita dapat melihat dunia, wejangan ini dapat dipakai sebagai motivasi bagi genarsi muda untuk mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya untuk membaca dan menulis.

Relly juga mengajak semua pihak untuk memulainya dari dalam keluarga masing-masing karena keluarga merupakan fondasi dasar untuk mendorong perkembangan kecerdasan anak baik dari aspek intelektual, emosional maupun spiritual.

“Peran ibu sebagai perpustakaan pertama bagi anak-anak sangat strategis dalam mendorong pengembangan kegemaran membaca terhadap anak. Disamping itu juga harus tetap melibatkan pihak sekolah sebagai lembaga pendidikan utama,” katanya.

Diakhir sambutannya Relly berpesan kepada para bunda literasi  desa yang baru dilantik untuk bekerja dengan hati dengan demikian apa pun yang diimpikan akan tercapai dan menjadi berkat bagi banyak orang dan tetap bersinergi dengan pemerintah desa agar bersama-sama dapat meningkatkan kemampuan anak-anak untuk masa depan Maluku Barat Daya  yang lebih baik.(S-09)