AMBON, Siwalima – Relawan Beta Suka Anies Baswedan – Agus Harimurti Yudhoyono (AA) Kota Ambon resmi menarik dukungan sekaligus membubarkan diri setelah sebelumnya pada 14 Oktober 2022 lalu, melakukan deklarasi dan menyatakan komitmen mendukung Anies-AHY sebagai pasangan bakal calon Presiden dan Wakil Presiden RI pada Pemilu 2024.

Pasalnya relawan yang dibentuk hampir satu tahun dan di gagas Ketua DPP Partai Demo­krat,  Michael Wattimena itu meni­lai, relawan Beta Suka AA sudah tidak bisa dilanjutkan lagi setelah Anies Baswedan memilih berpa­sangan dengan Muhaimin Iskandar sebagai capres dan cawapres.

“Hampir satu tahun lamanya maka pada hari ini Rabu, 6 September 2023 kami Relawan Beta Suka AA akan menyampaikan pernyatan sikap kita,” ujar Wattimena, saat meng­gelar jumpa pers, di Ambon, Rabu (6/9).

Adapun pernyataan sikap yang ditandatangani oleh Ketua Relawan Beta Suka AA Kota Ambon, Femry Tuwanakotta dan Penggagas Relawan Beta Suka AA berbunyi  : “Kami sebagai Relawan Beta Suka AA, yang dideklarasikan di Ambon pada tanggal 14 Oktober 2022, dengan ini menyampaikan per­nyataan kami untuk mencabut dukungan kepada Anis Baswedan sebagai bakal calon presiden periode 2024-2029. Hal ini disebabkan karena kami Relawan Beta Suka AA merasa tidak sesuai lagi dengan komitmen awal perjuangan untuk mendukung pasangan Anis-AHY. Kami tetap bersemangat mendukung penuh pemimpin muda masa depan Indonesia mas Agus Harimurti Yu­dhoyono”.

Disinggung soal sikap politik Partai Demokrat pasca pencabutan dukungan ke Anies Baswedan, Anggota DPR RI dua periode ini mengatakan, maka sesuai dengan AD/ART wewenang itu ada pada Majelis Tinggi Partai, yang diketuai Susilo Bambang Yudhoyono.

Baca Juga: Bawaslu Temukan Ratusan Warga SBT tak Masuk DPT

“Saya juga harus menggambarkan atmosfir dalam rapat pleno DPP memang ada pandangan-pandangan yang disampaikan dalam rapat itu. Dan pandangan-pandangan yang disampaikan, saya mencoa untuk mengkalkulasikan maka ada keinginan untuk berkoalisi dengan Ganjar Pranowo. Semuanya itu diserahkan kepada Majelis Tinggi Partai. Mungkin tidak lama lagi kita akan membuat kejutan-kejutan dalam membangun koalisi Partai Demokrat dengan bakal calon presiden yang lain,” tandas BMW, sapaan akrab Michael Wattimena.(S-08)