AMBON, Siwalimanews – Ratusan warga memadati pasar murah yang digelar pemerintah kota ambon dalam rangka menyambut hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Pasar murah yang digelar kali ini dipusatkan di Kelurahan Wainitu, Kecamatan Nusaniwe, Selasa (12/12)

Sejumlah barang kebutuhan masyarakat di jual dengan harga terjangkau seperti gula pasir, minyak goreng, terigu, telur ayam dan susu dalam bentuk paketan kecuali beras.

Pantauan Siwalima, sebelum pasar murah dibuka, ratusan masyarakat sudah berkumpul untuk mendapatkan kupon dari pemerintah.

Satu paket yang berisikan Telur 1 rak, Terigu 1 kg, Gula Pasir 1kg, Susu 1 kaleng, Minyak Goreng 1 Liter dan Blueband 1 sachet dijual seharga Rp50.000.

Baca Juga: Kapal Perintis Rugikan Maluku, Kemenhub Diminta Tinjau Ulang

Setelah mendapatkan tiket dari dinas perindag, masyarakat kemudian mengantri menunggu dibukanya pasar murah tersebut.

Penjabat Walikota Ambon Bodewin Wattimena dalam sambutan berharap hampir semua harga kebutuhan pokok di pasar mengalami kenaikan harga.

“Ini bukan saja terjadi di Ambon saja, tapi terjadi di seluruh wilayah di Indonesia. Selain harga sembako, transportasi udara yaitu harga tiket juga mengalami kenaikan,” terangnya.

Menyikapi situasi tersebut, pemerintah kota menggelar pasar murah menjelang Natal dan Tahun Baru. “Tujuannya untuk membantu masyarakat untuk memperoleh sembako dengan harga yang lebih terjangkau dari harga pasar,” jelasnya.

Walikota mengaku pasar murah memang dilakukan setiap tahun menjelang perayaan hari besar keagamaan seperti Idul Fitri maupun Natal dan Tahun Baru.

Dengan menyediakan harga sembako di yang digelar kali ini pemkot bekerja sama dengan sejumlah distributor yang ada di Ambon.

Para distributor menjual barang yang sudah disubsidi oleh pemerintah dalam bentuk paketan.

“Kita beli paket dari distributor itu seharga 127.500. Kita jual dengan harga 50.000. Pemerintah mensubsidi kurang lebih 77.000,” urainya.

Ia berharap, pasar murah dapat membantu masyarakat untuk memperoleh kebutuhan menjelang perayaan Natal 25 Desember mendatang.

“Saya kira bagian dari pada pemerintah berpihak kepada masyarakat. Jangan dilihat dari banyak atau sedikit, tapi kiranya pasar murah ini dapat membantu masyarakat,” tandasnya.

Selain menggelar pasar murah, Pemkot juga bekerjasama dengan Bulog untuk menjual beras dan gula bagi masyarakat. Beras yang disediakan sebanyak 2 ton,  sedangkan gula 100 kilo. (Mg-3)