Pemerintah Kota Ambon berkomitmen menyelesaikan masalah sampah. Buktinya ratusan ton sampah berhasil di angkut di kawasan Air Besar, Kecamatan Sirimau, Kamis (11/8) kemarin.

namun tumpukan sampah yang diangkut membuktikan kalau tingkat kesadaran warga kota Ambon, terhadap kebersihan lingkungan, rupanya masih terus ditingkatkan. Karena tanpa ada kesadaran itu, maka program prioritas walikota, agar kota ini selalu bersih dengan slogan “Ambon Bersih”, sulit terwujud.

Salah satu contoh dari rendahnya kesadaran masyarakat, adalah sampah di kawasan Air Besar (Arbes), Negeri Batu Merah, yang kembali menumpuk.

“Ini pembersihan yang ketiga kalinya dilakukan dalam kurun waktu 5 (lima) bulan. Pertama April, pembersihan dipimpin Sekretaris Kota Agus Ririmasse, kedua Juni lalu, dipimpin penjabat Wali Kota, Bodewin M Wattimena dan untuk ketiga kalinya, DLHP Kota Ambon kembali membersihkan dan mengangkut ratusan ton sampah di lokasi yang sama. Dan gunungan sampah itu diangkut selama dua hari, mulai Rabu hingga Kamis kemarin,” jelas Sekretaris DLHP Kota Ambon, Hairun Tunny.

Tunny mengaku, pembersihan tersebut atas perintah walikota Ambon. Dan akan diupayakan agar semuanya dapat dibersihkan hingga tuntas.

Baca Juga: Pemkot Ikut Evaluasi SAKIP dari Kemenpan-RB

“Kita akan memaksimalkan kekuatan yang kita miliki untuk membersihkan tumpukan sampah yang ada ini. 15 unit truk dan 4 unit amrol pengangkut, dengan jumlah sampah yang berhasil diangkut itu sekitar 144 ton, terdiri dari 1 unit dam truk mengangkut sampah 8 ton, dan dikalikan dengan 15 unit, ditambah dengan 1 unit amrol berisikan 6 ton, dikalikan dengan 4 amrol,” terangnya.

Sedangkan untuk pembersihan kamis menggunakan 15 mobil dam truk dan 4 amrol, kembali dikerahkan untuk pembersihan tersebut. “Selain DLHP, juga melibatkan Dinas PUPR dan Satpol PP Kota Ambon, dalam pembersihan ratusan ton tum­-pukan sampah,” jelasnya. (S-25)