AMBON, Siwalimanews- Sebanyak 418 orang termasuk anak usia 12-17 tahun hari ini kembali divaksinasi Polda Maluku dalam program Vaksinasi Merdeka, Rabu (8/9). Ratusan warga divaksinasi di dua lokasi berbeda. Yaitu di SMK Negeri 2 dan Gerai Vaksinasi Presisi (GVP) Polda Maluku di Lapangan Letkol CHR Tahapary, Tantui, Kota Ambon.

“Hari ini kami kembali melaksanakan vaksinasi Covid-19 di dua tempat dengan total yang divaksinasi sebanyak 418 orang warga di Kota Ambon,” ungkap Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. M. Rum Ohoirat.

Ratusan warga divaksinasi di dua tempat berbeda. Di GVP Polda Maluku diikuti oleh sebanyak 177 orang. 105 orang diantaranya disuntik menggunakan vaksin Sinovac dan 72 lainnya dengan AstraZeneca.

Sementara vaksinasi mobile/keliling di SMK Negeri 2 Ambon, peserta vaksinasi berjumlah 241 orang. 166 diantaranya disuntik menggunakan vaksin Sinovac dan 75 lainnya dengan AstraZeneca.

“Vaksinasi Covid-19 tadi dilaksanakan sejak pukul 08.00 WIT sampai dengan pukul 12.30 WIT,” terangnya.

Baca Juga: AMGPM dan Pemdes Labuang Bagi Ratusan Masker Gratis

Juru bicara Polda Maluku ini menambahkan, ratusan warga divaksinasi setelah melalui sejumlah tahapan. Seperti pendaftaran, tensi darah, dan screening. Setelah divaksin, warga menjalani observasi selama kurang lebih 30 menit, kemudian diberikan kartu dan sertifikat vaksin.

Ia menghimbau masyarakat agar bersama melawan penyebaran Covid-19. Caranya yaitu dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan. Seperti memakai masker dengan baik dan benar, mencuci tangan pakai sabun atau handsanitizer, menjaga jarak aman, menjauh dari kerumunan dan mengurangi mobilitas.

“Protokol kesehatan itu sangat penting, meski kita sudah menjalani vaksinasi sekalipun,” ingatnya.

Rum juga mengajak masyarakat yang belum divaksin agar dapat mendatangi GVP Polda Maluku. Bahkan dapat menghubungi tim vaksinasi mobile dengan syarat minimal 200 orang.

“Vaksinasi yang kami lakukan ini gratis. Kepada warga yang berusia 12 ke atas silahkan datang. Vaksin aman dan halal,” ajaknya. (S-45)