AMBON, Siwalimanews – Kapolda Maluku, Irjen Baharudin Djafar  mengklaim selama pentahapan pilkada di empat kabupaten penyelenggara pilkada di Maluku, tidak ada kejadian atau peristiwa menonjol.

Jenderal bintang dua ini mengatakan, pihaknya telah menjalankan pengamanan Pilkada di Kabupaten Buru Selatan, Seram Bagian Timur (SBT), Maluku Barat Daya (MBD) dan  Kepulauan Aru.

“Pengamanan pilkada di empat wilayah sudah kita jalankan. Kita juga sudah bagi tugas. Sekarang ada pentahapan verifikasi pendaftaran calon. Dan sampai saat ini tidak ada kejadian yang menonjol,” ungkap Kapolda kepada wartawan di Ambon, Jumat (18/9).

Dikatakan, semenjak pentahapan pilkada 2020, dimulai sampai saat ini tidak ada kejadian-kejadian  menonjol yang dilaporkan menghambat berbagai tahapan pesta demokrasi.

Bahkan untuk dukung bapak gubernur kemarin sudah memerintahkan semua  empat kabupaten untuk segera mencairkan dana NPHD (Naskah Perjanjian Hibah Daerah).

Baca Juga: Insentif Nakes tak Dibayar, Pontoh Salahkan Direktur RSUD

Terkait hasil pantauannya di empat kabupaten penyelenggara pilkada itu, Baharuddin mengaku setiap perhelatan demokrasi ada aspek kerawanan. Olehnya itu yang paling penting adalah bagaimana kerja sama semua pihak  baik penyelenggara, pengamanan maupun unsur lainnya.

“Kerja sama itu penting untuk bersama-sama menciptakan rasa aman,” ujar kapolda.(S-32)